nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambut 1 Muharam 1439H, Umat Islam di Sejumlah Wilayah Bekasi Gelar Pawai Obor

Djamhari, Jurnalis · Kamis 21 September 2017 15:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 21 338 1780348 sambut-1-muharam-1439h-umat-islam-di-sejumlah-wilayah-bekasi-gelar-pawai-obor-WkAU7VtaL3.jpg Pawai obor menyambut tahun baru Islam 1439H. (Foto: Djamhari/Okezone)

BEKASI – Antusias warga di Kota Bekasi untuk menyambut 1 Muharam 1439 Hijriah terlihat sangat semarak. Mereka dengan meriah mengadakan kegiatan pawai obor di malam hari pergantian tahun baru Islam tersebut. Hal ini pun sudah menjadi tradisi tahunan di sana.

Tak hanya satu wilayah di Bekasi, pawai obor malam 1 Muharam juga dilakukan warga di sejumlah wilayah, seperti Bekasi Utara, Medansatria, Bekasi Timur, dan Bekasi Selatan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Rabu 20 September 2017 malam, terlihat di Jalan Raya Perjuangan, Pintu Air, Medansatria, iringan peserta pawai obor yang terdiri dari orangtua, remaja, dan anak-anak turut meramaikan kegiatan ini.

Mereka begitu antiusias mengikuti pawai obor tersebut. Caranya dengan membawa spanduk, berselawat, membunyikan rebana, dan tentu mengobarkan obor-obor yang dibawa.

(Baca: Peringati Tahun Baru Islam 1439H, Pelajar hingga Aparatur Pemerintahan Kompak Ikuti Pawai Taaruf)

Ustadz Kholili (50), tokoh di Kampung Pintu Air, mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Tujuannya untuk menyambut serta memeriahkan tahun baru Islam.

"Kita sengaja mengajak anak-anak untuk mengajarkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya dan nilai-nilai Islam," kata Ustadz Kholili di lokasi pawai obor.

Kegiatan ini dimulai selepas Salat Isya. Para pesertanya tampak berkeliling di jalan raya sekitar dan kembali berkumpul lagi di Masjid Al Hidayah, Pintu Air. "Acara terakhir, kami mengadakan tausiah," jelasnya.

Sementara di sejumlah lokasi berbeda, kegiatan serupa juga dilakukan. Lokasi tersebut seperti di ruas Jalan Irigasi, Bekasi Jaya, Bekasi Timur; dan Perumnas III, Arenjaya. Selain itu, masih banyak lagi umat Islam yang menggelar kegiatan sejenis.

(Baca: Tahun Baru Islam, 9.264 Orang Semangat Berjalan Kaki Ramaikan Pawai Taaruf)

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk ke pihaknya, terkait pawai obor tahun baru Islam, khususnya di wilayah Medansatria, tercatat ada tujuh kegiatan.

"Kegiatan pawai obor ini dilakukan dari sejumlah DKM Masjid, remaja Islam, majelis zikir, serta warga, khususnya umat Islam di wilayah tersebut. Mereka berkeliling kampung dan jalan dengan pengawalan petugas kami. Alhamdulillah giat itu berjalan aman dan terkendali," jelas Erna.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini