nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akui CFD Tak Kurangi Polusi, Djarot: Tapi Ada Dampak Positifnya

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 25 September 2017 10:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 25 338 1782366 akui-cfd-tak-kurangi-polusi-djarot-tapi-ada-dampak-positifnya-VYloZ47qm6.jpg Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengakui pelaksanaan car free day (CFD) atau‎ hari bebas kendaraan bermotor tak memiliki dampak pengurangan polusi yang signifikan meski telah berlangsung selama 15 tahun.

‎Meski demikian, mantan Wali Kota Blitar itu memastikan tetap melanjutkan pelaksanaan program CFD tersebut bahkan hingga ke beberapa ruas jalan di tiap kota. "Kami bersyukur ada car free day, meskipun dampaknya itu tidak begitu signifikan, tapi dia punya dampak yang positif. Car free day terus," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (25/9/2017).

Djarot menjelaskan, penyebab tingginya polusi di Jakarta akibat penggunaan transportasi publik di Jakarta masih rendah. Walhasil, pelaksanaan CFD merupakan salah satu cara untuk mendorong masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi guna beralih ke transportasi publik.

Ia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta akan terus memperbaiki layanan transportasi publik agar masyarakat mau beralih ke transportasi publik tersebut. "Kami dorong warga pada hari Sabtu dan Minggu tolong tinggalkan kendaraan, tolong manfaatkan kendaraan umum. Kami dorong ini sambil perbaikan layanan transportasi umum," kata dia.

Selain itu, Pemprov DKI juga akan mengimbau warga agar membawa tempat sampah saat pelaksaan CFD. Pasalnya, warga kerap mengotori jalanan saat pelaksanaan hari bebas kendaraan di Sudirman-Thamrin tersebut.

"Dia harus membawa kantong plastik, tas kresek, atau kantong kertas yang mudah diurai. Kalau enggak, kami sediakan, dia harus bayar, paksa gitu, supaya ada tanggung jawab di antara kita semua," ujarnya.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini