nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resmi Dijatuhi Sanksi, Ini Kesalahan RS Mitra Keluarga Berdasarkan Temuan Dinkes DKI

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 25 September 2017 19:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 25 338 1782763 resmi-dijatuhi-sanksi-ini-kesalahan-rs-mitra-keluarga-berdasarkan-temuan-dinkes-dki-0QWsn1oMrl.jpg Konferensi pers RS Mitra Keluarga. (Lina F/Okezone)

JAKARTA - Imbas dari meninggalnya bayi umur empat bulan bernama Tiara Debora, yang diduga ditelantarkan oleh Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kalideres, Jakarta Barat beberapa waktu lalu, membuat Dinas Kesehatan DKI Jakarta menjatuhkan sanksi kepada pihak rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto, mengatakan, sanksi itu ditetapkan berdasarkan dari kesimpulan tim investigasi audit manajemen Dinas Kesehatan. Kata dia, pihaknya menemukan beberapa indikator kesalahan yang dilakukan pihak rumah sakit.

"Pertama kurangnya pemahaman direktur tentang perundang-undangan terkait perumahsakitan. Kedua, tidak ditemukan regulasi seperti: Prosedur pemberian informasi. Kriteria pembiayaan pasien masuk UGD di luar pasien umum dan asuransi. Kriteria dan prosedur transfer atau rujukan pasien. Kriteria masuk dan keluar pelayanan intensif," ujarnya di Kantor Dinkes DKI Jakarta, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2017).

Ia menambahkan, pihaknya juga melihat tidak ada prosedur pelayanan dan penetapan Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP). Penetapan dokter yang melakukan praktek kedokteran dan atau menunjukan dokter pengganti apabila dokter pengganti berhalangan menyelenggarakan praktek kedokteran. Pemberian kewenangan pasien resiko tinggi.

"Prosedur pelayanan pasien resiko tinggi. Pelayanan pasien rentan, lanjut usia, anak-anak dengan ketergantungan bantuan dan resiko kekerasan . Kredensialing untuk mengijinkan anggota staf medis melakukan asuhan medis tanpa supervisi. Identifikasi tanggungjawab dari setiap petugas," imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ketiga, tidak dilakukan diklat pelayanan dan mutu pelayanan untuk direksi dan pimpinan rumah sakit.

[Baca Juga: Tegas! Dinkes DKI Jatuhkan Sanksi ke RS Mitra Keluarga]

"Kesimpulan rumah sakit belum membuat regulasi tata kelola sesuai peraturan perundangan yang berlaku," tuturnya. (sym)

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini