nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Tersangka, Polisi Sempat Pulangkan Jonru Ginting ke Rumahnya

Badriyanto, Jurnalis · Jum'at 29 September 2017 19:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 29 338 1785811 setelah-tersangka-polisi-sempat-pulangkan-jonru-ginting-ke-rumahnya-9KIenRLDc5.jpg Kuasa hukum Jonru, Juju di Polda Metro (foto: Badri/Okezone)

JAKARTA - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya telah resmi menetapkan penulis sekaligus narablog, Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru Ginting sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian di media sosial sebagaimana diatur UU Informatika dan Transaksi Elektronik (ITE).

Pengacara Jonru Ginting, Juju Purwantoro menyampaikan pasca penetapan tersangka penyidik membawa pulang Jonru Ginting ke rumahnya di kawasan Kecamatan Makasar, Jakarta Timur untuk dilakukan pengeledahan mencari barang bukti.

"Persiapan kemarin di kantor (Ditreskrimsus) ini untuk penggeledahan di rumahnya, dan kami di antarkan ke rumah Jonru oleh penyidik jam 3 sampai jam 5 pagi," ungkap Juju di Mapolda Metro Jaya, Jakarta (29/9/2017).

 (Baca: Geledah Rumah Jonru Ginting, Polisi Sita Laptop hingga Buku Aksi 212)

Saat dilakukan pengeledahan, polisi menyita sejumlah barang milik Jonru Ginting berupa laptop, flashdisk dan buku yang berisi kumpulan tulisan proses perjalanan Aksi Bela Islam 212 yang berlangsung pada awal 2017 di ibu kota.

"Lalu kembali ke Polda Metro, salat subuh dan istirahat, kemudian dengan status tersangka itu, sore ini dilanjutkan pemeriksaannya, tapi statusnya sebagai tersangka," tuturnya.

 (Baca: Bantah Tahan Jonru Ginting, Polda Metro: Statusnya Masih Penangkapan)

Pemeriksaan sendiri dimulai sekira pukul 15.00 WIB sore dan hingga saat ini masih belum selesai. Jonru Ginting dijerat Pasal 28 Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Juncto Pasal 45 Ayat 2 Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dengan ancamannya di atas lima tahun penjara.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini