nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Oknum Polisi Terciduk Narkoba, Lemkapi: Kalau Terbukti Pecat Saja!

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 02 Oktober 2017 05:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 02 338 1786765 oknum-polisi-terciduk-narkoba-lemkapi-kalau-terbukti-pecat-saja-DFqXdQaYFS.jpg Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Dua oknum polisi jajaran Polres Jakarta Timur, DK dan CN serta satu anggota Polres Jakarta Selatan, EDN diduga terciduk dalam kasus narkoba. Mereka diamankan Bidang Propam Polda Metro Jaya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pusat kajian kepolisian (Lemkapi), Edi Hasibuan menegaskan bahwa jika ketiga oknum polisi itu terbukti mengonsumsi narkoba maka harus diberikan tindakan yang tegas sesuai aturan yang berlaku.

"Kalau terbukti. Kami minta pecat saja," kata Edi kepada Okezone, Jakarta, Minggu (1/10/2017).

Menurut Edi dengan diberikan langkah tegas seperti itu akan memberikan efek jera bagi oknum polisi nakal lainnya. Jika tidak diberikan sangsi tegas, kata Edi dapat menular ke polisi lainnya.

"Itu lebih baik buat Polri," ucap mantan anggota Kompolnas tersebut.

 (Baca: Anak Buah Terjerat Narkoba, Kapolres Jaktim: Itu Wajib Ditinju!)

Dalam hal ini, Edi mengimbau kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk menginstruksikan seluruh jajarannya agar lebih mewaspadai peredaran narkoba di tataran kepolisian.

"Kapolri tegas dan jangan beri ruang buat anggota yang melanggar hukum," jelas dia.

Tak hanya itu, Edi meminta kepada Kapolres untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap anak buahnya. Tak hanya itu, Edi menekankan para Kapolres juga wajib melakukan evaluasi kinerjanya, agar tak kecolongan dalam hal seperti ini.

"Sudah pasti harus ditingkatkan. Kapolres pantau anak buahnya yang narkoba. Tes urine setiap saat," ujar Edi.

Sebelumnya, penangkapan pertama dilakukan terhadap DK dan CN yang tengah berada di sebuah restoran di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur setelah mendapat laporan masyarakat. Saat dilakukan penangkapan, petugas hanya mendapati barang bukti berupa cangklong.

Kemudian dilakukan tes urine yang menyatakan dua oknum anggota yang berdinas di Polsek Pulo Gadung dan Polsek Duren Sawit, Jakarta Timur itu dinyatakan positif zat metaphetamine dan amphetamine.

Selanjutnya, petugas melakukan pengembangan dan berhasil menangkap EDN, oknum anggota polisi yang berdinas di Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Selatan diamankan di pom bensin kawasan Cililitan, Jakarta Timur.

Dari hasil penggeledahan, polisi mendapati barang bukti berupa sabu dengan berat bruto 33 gram, kemudian mengeledah kediamannya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan dan didapati sabu dengan berat bruto 40 gram serta alat timbangan.

Saat ini, ketiga oknum anggota polisi itu masih menjalani pemeriksaan intensif. Kasus ini ditangani oleh penyidik Direktorat Reserse Narkoba dan Bidan Propam Polda Metro Jaya.

"Di Narkoba untuk disidik kriminal umumnya, di Propam untuk disiplinnya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat 29 September 2017.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini