nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Latih dan Libatkan Penghuni Rusun, Pemprov DKI Berencana Luncurkan Batik Khas Jakarta

Muhammad Iqbal, Jurnalis · Senin 02 Oktober 2017 13:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 02 338 1786966 latih-dan-libatkan-penghuni-rusun-pemprov-dki-berencana-luncurkan-batik-khas-jakarta-KK4gu4X2YC.jpg Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (Foto: Iqbal/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, kerajinan batik di Tanah Air masih menjadi primadona. Untuk itu, Pemprvo DKI Jakarta berencana membuat kerajinan batik khas Ibu Kota.

"Ini kan hari batik nasional, maka kemarin saya ke Banyuwangi. Saya senang sekali bahwa masing masing daerah itu masih mengembangkan motif batiknya sendiri sendiri dan melibatkan para pengrajin," ungkap Djarot di Jakarta, Senin (2/10/2017).

Baca juga: Hari Batik Nasional, Ini Sepuluh Motif Batik Populer dari Berbagai Daerah

Peluncuran batik khas Jakarta rencana digelar pada Kamis 5 Oktober 2017 mendatang. Menurut dia, ke depan penghuni rusun akan berperan dalam pengolahan batik khas Jakarta ini.

"Termasuk di Jakarta, kami melatih penghuni rusun untuk mengembangkan batik kita. Malam Jumat kita luncurkan batik Jakarta di Monas Jakarta Fountain. Ini upaya kita melestarikan batik supaya tidak kalah dengan batik impor," ucapnya.

Baca juga: KPK: Semoga Batik Bisa Dikenal Masyarakat Internasional

Mantan Wali Kota Blitar ini juga mengatakan, tidak semua orang bisa membuat batik tulis. Menurut dia butuh keterampilan khusus dan pengalaman untuk menghasilkan karya-karya terbaik.

"Ingat ya bahwa yang bisa membatik itu hanya orang Indonesia yang bagus. Coba batik tulis terutama. Oleh sebab itu saya yakin dengan adanya proses regenerasi ini batik tulis kita akan semakin baik," tuturnya. 

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini