nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berusia 192 Tahun, Pohon Leci Tertua di Kebun Raya Tumbang saat Tengah Malam

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Rabu 04 Oktober 2017 15:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 04 338 1788609 berusia-192-tahun-pohon-leci-tertua-di-kebun-raya-tumbang-saat-tengah-malam-m4MhzmuPjb.jpg Pohon leci di Kebun Raya Bogor. (Putra RA/Okezone)

BOGOR - Sebuah pohon jenis leci tertua yang berada di tepi kolam gunting Kebun Raya Bogor (KRB), Kota Bogor, Jawa Barat tumbang. Pohon yang berusia 192 tahun ini tumbang diduga karena faktor usia.

"Iya betul, pohon leci tertua di sini tumbang," kata Kepala Subbagian Kerjasama dan Informasi LIPI, Rosniati Apriani Risna, Rabu (4/9/2017).

Rosniati menambahkan, pihaknya mendapat baru kabar tumbangnya pohon tersebut dari petugas keamanan Kebun Raya Bogor yang hendak melakkan pergantian shift sekira pukul 05.00 WIB tadi.

"Kami baru dapat pagi tadi dari satpam. Kemarin sore sih pohonnya masih berdiri, kemungkinan baru tumbangnya dini hari tadi," jelas Rosniati.

Tumbangnya pohon tersebut memang belum diprediksi sebelumnya. Tetapi melihat dari usia pohon yang sudah terlalu tua terlihat sedikit kerapuhan dan adanya rayap yang menggerogoti bagian batang.

"Kalau prediksi sampai tumbang sih belum ya, tapi kalau dari usia memang tidak lama pasti mati. Kami sudah maksimal merawat pohon tua itu," paparnya.

 

Hingga kini, phaknya mengaku masih kesulitan untuk mengevakuasi pohon tua tertua tersebut karena besarnya diameter batang pohon dan lokasinya berada tepat di kolam gunting Kebun Raya Bogor.

"Karena masih di dalam KRB kita tangani internal. Lumayan sulit karena diematernya sangat besar. Mungkin nanti akan di potong-potong," tandasnya. (sym)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini