nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapkan Penerapan E-tilang di Ibu Kota, Polda Metro Akan Undang Dishub DKI

Badriyanto, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 12:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 05 338 1789226 siapkan-penerapan-e-tilang-di-ibu-kota-polda-metro-akan-undang-dishub-dki-RUOzlH9k9y.jpg Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra menyampaikan, akan mengundang pihak Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan sejumlah praktisi transportasi untuk membahas persiapan penerapan sistem tilang elektronik (e-tilang) di wilayah ibu kota.

"Saya dengan Dishub, dengan saksi lain akan duduk dalam forum lalu lintas angkutan jalan, termasuk pengamat transportasi untuk membicarakan hal tersebut," ungkap Halim saat dikonfirmasi, Kamis (5/10/2017).

Menurut Halim, alasan pihaknya belum siap menerapkan sistem e-tilang karena closed circuit television (CCTV) Dishub DKI Jakarta belum memadai. Sampai dengan saat ini, CCTV yang ada di Ibu Kota hanya mampu memantau pelanggar lalu-lintas, belum dapat merekam pelat nomor yang secara otomatis tersinkronisasi dengan data.

"Kalau alat penegakan hukum dia langsung otomatis orang-orang langsung ter-capture, langsung terfoto. Misalkan dia melanggar zebra cross maka dia langsung nomor polisinya keluar. Kalau ini hanya mantau, anda memantau pelanggaran," terangnya.

Sekadar diketahui, sedianya sudah ada sekira 14 CCTV bersuara yang sudah dipasang oleh Dishub DKI Jakarta. Hal itu dilakukan sebagai langkah persiapan untuk menunjang penerapan sistem e-tilang di Ibu Kota. Ditlantas Polda Metro Jaya sendiri sedang fokus menggodok persiapan e-tilang, mengingat Korlantas Polri menargetkan pada 2019 sudah diterapkan di seluruh Indonesia.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini