nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dinkes DKI: RS Mitra Keluarga Kalideres Telah Lakukan Restrukturisasi Kepemimpinan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 16:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 338 1794171 dinkes-dki-rs-mitra-keluarga-kalideres-telah-lakukan-restrukturisasi-kepemimpinan-zW7fWOWDdc.jpg RS Mitra Keluarga Kalideres (Foto: Lina Fitria/Okezone)

JAKARTA – Pergantian kepemimpinan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat, sudah dilakukan. Hal ini merupakan sanksi bagi rumah sakit tersebut lantaran diduga melakukan penelantaran terhadap bayi Deborah hingga meninggal dunia.

"Melaporkan hasil sanksi yang kita berikan bahwa restrukturisasi (kepemimpinan RS Mitra Keluarga Kalideres) sudah dilakukan," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Koesmedi Priharto saat konferensi pers bersama Ombudsman RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).

Selain itu, laporan tahap pertama akreditasi juga sudah disampaikan kepada Dinkes DKI oleh RS Mitra Keluarga Kalideres. Koesmedi juga mengimbau seluruh rumah sakit di Ibu Kota menjadi mitra BPJS Kesehatan.

"Bahwa baik RS negeri atau swasta diwajibkan untuk kerjasama dengan BPJS," ucap Koesmedi.

(Baca Juga: KPAI Minta RS Mitra Keluarga Juga ‎Dijerat dengan UU Perlindungan Anak)

Sekadar informasi, bayi Deborah meninggal dunia di RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat pada 3 September 2017 lalu. Bayi berusia empat bulan itu meregang nyawa lantaran tak mendapatkan perawatan medis intensif.

Mulanya pihak rumah sakit telah memberikan pertolongan pertama. Kemudian dokter mengharuskan bayi malang itu dimasukkan ke ruang pediatric intensive care unit (PICU). Namun, karena orang tua Deborah kekurangan bayar uang muka, akhirnya tak bisa dirawat di ruang PICU hingga Deborah meninggal dunia.

(Baca Juga: Kasus Bayi Deborah Terus Berjalan, Polda Metro Jaya Jerat RS Mitra Keluarga dengan Pasal Berlapis)

RS Mitra Kalideres juga telah dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Majelis Advokat Indonesia. Laporan ini diterima polisi dengan nomor: LP/4414/IX/2017/PMJ/Dit Reskrimsus tertanggal 14 September 2017. Dalam laporan polisi tersebut disertakan Pasal 32 Ayat 2 Juncto Pasal 85 Juncto Pasal 190 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Selain itu, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menjatuhkan sanksi administrasi untuk RS Mitra Keluarga Kalideres. Pemberian sanksi tersebut merupakan hasil penelusuran investigasi Kemenkes terhadap rumah sakit RS Mitra Keluarga Kalideres.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini