Lima Fakta Menarik Sandiaga Uno, Salah Satunya Pemegang Rekor MURI

Ahmad Sahroji, Okezone · Senin 16 Oktober 2017 05:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 15 338 1795786 lima-fakta-menarik-sandiaga-uno-salah-satunya-pemegang-rekor-muri-vOgSlYb1Kw.jpg Selain bermain bola basket, Sandiaga Uno juga hobi lari (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur Jakarta terpilih Sandiaga Salahudin Uno ternyata memiliki banyak fakta menarik yang layak diketahui. Pria kelahiran Rumbai, Pekanbaru, 28 Juni 1969 ini punya sederet kisah sebelum dirinya dinobatkan sebagai orang nomor dua di Jakarta.

Berikut fakta yang berhasil dirangkum Okozene dari berbagai sumber:

1. Pemegang rekor MURI

 

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pernah memberikan penghargaan kepada Sandiaga Salahudin Uno saat menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Sandiaga Salahudin Uno, setelah berhasil melakukan blusukan ke 1.000 titik di wilayah Ibu Kota selama satu tahun.

Ketua MURI Jaya Suprana menambahkan, pemberian rekor MURI kategori titik terbanyak blusukan saat kampanye Pilgub DKI Jakarta 2017 ini diharapkan untuk menumbuhkan jiwa kompetisi anak bangsa.

2. Jebolan kampus AS dengan IPK cumlude

Sandi Uno adalah lulusan Wichita State University, Amerika Serikat, dengan predikat summa cumlaude. Sandi mengawali karier sebagai karyawan Bank Summa pada 1990. Setahun kemudian ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di George Washington University, Amerika Serikat. Ia lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00 (Amat Baik).

3. Masuk daftar orang terkaya di Indonesia

Sandi dinobatkan menjadi 122 orang terkaya di Indonesia versi majalah Asia Globe dengan total aset perusahaan mencapai 80 juta dollar AS, Pada 2007. Sementara, pada 2008 ia dinobatkan menjadi orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan total aset 245 juta dollar AS.

Pada 2009 Sandi masuk sebagai pendatang baru dalam daftar 40 orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes. Majalah tersebut menuliskan Sandi memiliki kekayaan US$ 400 juta dan berada di peringkat 29.

Tahun 2011, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Sandiaga Uno menduduki peringkat ke-37 dengan total kekayaan USD 660 juta. Kini jumlah kekayaannya seudah mencapai sekitar USD 795 juta.

4. Pernah menjadi pengangguran

Mengawali karier sebagai karyawan Bank Summa pada 1990 kemudian berpindah-pindah pekerjaan sebelum terakhir bekerja di NTI Resources Ltd, Kanada sebagai Executive Vice President. Namun karena krisis moneter sejak akhir 1997, perusahaan tersebut bangkrut sehingga ia harus pulang ke Tanah Air sebagai pengangguran.

5. Pengusaha Andal

Sebelum terjun di dunia politik, Sandiaga terkenal sebagai pebisnis ulung. Kariernya berawal saat membentuk Saratoga Capital bersama Edwin Soeyadjaya. Perusahaan ini bergerak dalam bidang infrastruktur dan sumber daya alam.

Selain itu, ia juga memiliki beberapa perusahaan lain, termasuk perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia, PT Adaro. Tidak cepat puas, ia juga berhasil mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan aset yang diberi nama PT Recapital Advisors.

Performanya yang baik di dunia bisnis membuat ia ditunjuk menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2005-2008. Sandiaga juga aktif di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sehingga sempat menduduki jabatan wakil ketua umum bidang usaha mikro kecil menengah dan koperasi.

Pria kelahiran Rumbai, Pekanbaru, 28 Juni 1969, ini merupakan penerima anugerah "Indonesian Entrepreneur of the Year" pada ajang Anterprise Asia pada 2008.

(fin)

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini