nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fitnah yang Pernah Menyerang Anies-Sandi, Bazar Perindo pun Dijadikan Bahan Fitnah

Fahmy Fotaleno, Jurnalis · Senin 16 Oktober 2017 06:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 15 338 1795799 5-fitnah-yang-pernah-menyerang-anies-sandi-bazar-perindo-pun-dijadikan-bahan-fitnah-NYGp01FIjs.png Sebuah foto editan yang dijadikan bahan memfitnah Anies-Sandi (Foto: Instagram)

JAKARTA - Hari ini tepatnya, Senin 16 Oktober 2017, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam perjalanan menuju pucuk pimpinan di ibu kota, tidak sedikit serangan fitnah tertuju oleh Anies-Sandi. Berikut deretan fitnah yang pernah penyerang pasangan yang dikumpulkan Okezone:

1. Hoax simbol syiah pada logo salam bersama

Fitnah ini termasuk lusu . Di awal kampenye sudah diberitahu bahwa logo 'Salam Bersama' itu terinspirasi dari salam nasional yang diresmikan Bung Karno. Namun oleh para pemfitnah, logo tersebut dibilang logo yang menyerupai tangan Fatimah, atau tangan Hamsa.

2. Isu Jakarta Bersyariah

Pada masa kampanye Pilgub DKI Jakarta putaran kedua, warga nitizen dihebohkan oleh pengakuan pendukung Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, @CangHaris. Ia gencar mengkampanyekan isu Jakarta Bersyariah serta hoax lainnya. Dan ternyata kabar tersebut hoax.

Jurubicara Tim pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Anggawira mengatakan, identitas pemilik akun twitter @CangHaris, bernama Natan Mikhael.

3. Bazar sembako rutin Perindo

Foto dua karung beras berlogokan Partai Perindo adalah beras yang dijual setengah harga dalam bazar jual-beli beras murah. Foto itu didapat dari bazar tersebut, yang dilaksanakan pada 11 April 2017 di Jakarta Timur.

Foto itu kemudian dipelintir sedemikian rupa hingga viral di media sosial dan memunculkan opini Partai Perindo melakukan “Politik Sembako”.

4. Ibadah umrah jadi sasaran fitnah

Kepergian Anies Baswedan ke Makkah hanya untuk menjalani ibadah umrah bersama istrinya, Bu Fery. Hanya berdua, tidak bersama dengan Prabowo, Amien Rais, apalagi janjian sama Habib Rizieq.

Artikel berita dari katipol.com yang menggunakan judul berbeda dengan isi berita yang bisa menggiring opini publik.

Lucunya, isi berita di dalamnya benar, katipol.com melansir berita dari tribunnews.com yang berjudul "Sandiaga Uno: Pak Anies Umroh Hanya Berdua Saja Bersama Bu Fery", kemudian dibuat judul baru yakni "Sandiaga Uno: Anies Umroh Bareng Prabowo Sekalian Bertemu Rizieq Shihab"

5. Politik uang

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sangat membenci yang namanya politik uang, dan tak henti menghimbau tim kampanye dan pendukungnya untuk tidak melakukan kecurangan selama Pilkada.

Satgas Anti Politik Uang pun telah dibentuk demi menjaga Pilkada ini tetap Jujur, Adil, Bermartabat dan Aman.

Foto amplop editan berlogo salam bersama ini ditemukan di sebuah akun instagram xxx, dengan 1.172 followers.

(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini