nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Metro Tolak Laporan Organisasi Sayap PDIP soal Pidato Gubernur Anies Baswedan, Alasannya...

Badriyanto, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 20:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 17 338 1797327 polda-metro-tolak-laporan-organisasi-sayap-pdip-soal-pidato-gubernur-anies-baswedan-alasannya-VozZ7rLwgm.jpg Pengurus Banteng Muda. Foto Okezone/Badriyanto

JAKARTA - Pengurus Banteng Muda Indonesia (BMI) berencana melaporkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Laporan itu dipicu oleh pidato politik Anies yang terdapat kata 'pribumi' usai pelantikan di Balai Kota pada Senin 16 Oktober kemarin.

Ketua Bidang Hukum dan HAM BMI DKI Jakarta Pahala Sirait menyampaikan, laporan itu belum diterima oleh Polda Metro Jaya. Setelah beberapa saat berkonsultasi di gedung SPKT, organisasi sayap PDI Perjuangan itu disarankan membuat laporan ke Bareskrim Polri.

"Ini masalah wilayah, karena yang kita laporkan seorang Gubernur, jadi saran dari Polda Metro Jaya kita disuruh membuat laporan di Mabes Polri," kata Pahala di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Baca Juga: JK Sebut Anies Tak Salah Sebut Pribumi dalam Pidato Politik Pertama

Pahala menjelaskan, penyebutan kata 'pribumi' dalam pidato Anies itu bertentangan dengan Interuksi Presiden (Inpres) Nomor 26 Tahun 1998 yang menghentikan penggunaan kata pribumi dan non pribumi.

Menurut Pahala, setelah ini ia akan melengkapi berkas tersebut sebelum melaporkan ke Bareskrim Polri sebagaimana arahan pihak Polda Metro Jaya. Ia tidak ingin pidato Anies itu menjadi bola liar, sehingga harus diproses secara hukum.

"Ini hanya masalah jurisdiksi saja karena, kewenangan ini lebih tepat (berdasarkan) saran dari beliau-beliau di Polda Metro Jaya di Mabes Polri," pungkasnya. 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini