nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belum Terima Permohonan Penangguhan, Polisi Tetap Tahan Mahasiswa yang Demo di Istana

Badriyanto, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 21:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 25 338 1802421 belum-terima-permohonan-penangguhan-polisi-tetap-tahan-mahasiswa-yang-demo-di-istana-OY1gm5sHrD.jpg Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Foto Okezone

JAKARTA - Polda Metro Jaya tetap menahan dua mahasiswa yang demonstrasi saat tiga tahun pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla berlangsung di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Keduanya yakni Muhammad Ardy Sutrisbi asal IPB dan Ihsan Munawwar dari STEI SEBI Depok.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan, penahanan dilakukan karena hingga saat ini polisi belun menerima surat permohonan penangguhan penahanan yang diajukan oleh pihak keluarga maupun kuasa hukumnya.

"Sudah ditahan, bagaimana mengeluarkannya, bagaimana caranya. Ya lewat penangguhan, undang-undang kan yang mengatur," ungkap Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Argo mempersilakan dari pihak keluarga maupun kuasa hukumnya untuk mengajukan surat permohonan penangguhan penahanan, apabila menginginkan tidak ditahan, barangkali punya alasan untuk menyelesaikan studinya di kampus masing-masing.

"Dari pada keluarga maupun pihak tersangka silakan ajukan, nanti penyidik menilai diterima atau tidak. Kita tunggu saja pertimbangan penyidik, misalnya kalau mau ditangguhkan ajukan saja," jelasnya.

Ardy dan Ihsan merupakan dua dari 14 mahasiswa yang ditahan atas dugaan perusakan fasilitas umum saat terjadi kericuhan dengan polisi pada demo evaluasi tiga pemerintahan Jokowi-JK di depan Istana yang digelar hingga larut malam pada Jumat 20 Oktober lalu.

Setelah sempat ditahan selama dua hari 12 mahasiswa lainnya dipulangkan ke keluarganya setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mereka diduga melanggar Pasal 170 KUHP, Pasal 216 KUHP dan Pasal 218 KUHP.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini