nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penangguhan Penahanan Dikabulkan, Mahasiswa yang Demo di Depan Istana Dibebaskan

Badriyanto, Jurnalis · Selasa 31 Oktober 2017 11:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 31 338 1805602 penangguhan-penahanan-dikabulkan-mahasiswa-yang-demo-di-depan-istana-dibebaskan-RD81jl38uL.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Polda Metro Jaya mengabulkan permohonan penangguhan penahanan terhadap dua mahasiswa, tersangka dugaan pengerusakan dalam unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kedua mahasiswa itu Muhammad Ardy Sutrisbi asal IPB dan Ihsan Munawwar dari STEI SEBI Depok.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penangguhan penahanan diberikan setelah penyidik menerima dan mengkaji surat permohonan dari pihak keluarga. Meraka resmi menghirup udara bebas pada Senin 30 Oktober 2017 malam.

"Tadi malam pukul 19.00 WIB Polda Metro Jaya menangguhkan penahanan dua tersangka unjuk rasa di depan Istana. Satu yang atas nama MAS dan satu lagi IM," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

(Baca Juga: Belum Terima Permohonan Penangguhan, Polisi Tetap Tahan Mahasiswa yang Demo di Istana)

Sekadar diketahui, Ardy dan Ihsan merupakan dua dari 14 mahasiswa yang ditahan atas dugaan pengerusakan fasilitas umum saat terjadi kericuhan dengan polisi pada demo evaluasi tiga pemerintahan Jokowi-JK di depan Istana yang digelar hingga larut malam pada Jumat 20 Oktober.

Berbeda nasib dengan 12 teman-temannya yang dibebaskan dua hari setelah penahanan, Ardy dan Ihsan harus sabar menginap di rumah tahanan Mapolda Metro Jaya selama kurang lebih 10 hari. Hingga akhirnya, mereka mendapatkan penangguhan penahanan pada Senin malam.

(Baca Juga: Polisi Tahan 2 Mahasiswa Terkait Demo di Depan Istana Negara)

Berkaitan dengan kasus tersebut, mereka diduga melanggar Pasal 170 KUHP, Pasal 216 KUHP dan Pasal 218 KUHP tentang pengrusakan fasilitas umum saat demonstrasi yang berlangsung hingga larut malam itu.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini