Share

Izinkan Motor Lewati Jalur Sudirman-Thamrin, Sandiaga: Kami Harus Adil!

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 07 November 2017 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 07 338 1809964 izinkan-motor-lewati-jalur-sudirman-thamrin-sandiaga-kami-harus-adil-WuSZyt1JPH.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, rencana mencabut pelarangan sepeda motor di Jalan Sudirman-Thamrin, lebih kepada soal keadilan. Pasalnya di jalur tersebut sering digunakan para pelaku usaha untuk mengais rezeki.

“Pak Anies sampaikan bahwa kami harus berkeadilan. Kami memiliki data di Jalan Sudirman itu, lebih dari 480 ribu UMKM di seluruh DKI yang menggunakan jalur itu sebagai koneksinya. Terutama saat makan siang pengangkutan tinggi sekali, orang saling menghantar makan siang,” kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (7/11/2017).

Menurut Sandi bila pelarangan tak dicabut, maka itu sama saja seperti mematikan seseorang dalam berusaha. Sehingga, dengan begitu tidak ada salahnya bila Pemprov DKI kembali memperbolehkan jalan itu untuk dilalui kendaraan roda dua.

“Jadi perintah Pak Anies clear kemarin bahwa untuk Sudirman, kami tidak akan mewancanakan penutupan di sana. Untuk Thamrin dikaji bagaimana pengaturannya supaya ini berkeadilan tapi rapi,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, larangan itu diatur dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 141 Tahun 2015 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor serta Pergub Nomor 25 Tahun 2017 tentang pengendalian lalu lintas melalui kebijakan electronic road pricing (ERP). Sehingga ia berencana merevisi pergub tersebut.

"Saya sampaikan kepada semua bahwa kami menginginkan agar kendaraan roda dua bisa menggunakan Jalan Sudirman dan Thamrin," kata Anies di Balai Kota, kemarin.

Anies ingin memastikan semua wilayah di Jakarta dapat diakses seluruh warga. Baik oleh kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, atau lebih.

"Kami ingin memastikan bahwa seluruh area di Jakarta ini memang aksesibel kepada warganya. Bagi yang berkendara roda dua, roda empat, ataupun yang lebih," pungkasnya.

(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini