Share

Terkait Rencana Pencabutan Larangan Motor Melintasi Jalan Sudirman-Thamrin, Wagub DKI Sandiaga Uno: Jakarta Takkan Semrawut Lagi

Fadel Prayoga, Okezone · Rabu 08 November 2017 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 08 338 1810460 terkait-rencana-pencabutan-larangan-motor-melintasi-jalan-sudirman-thamrin-wagub-dki-sandiaga-uno-jakarta-takkan-semrawut-lagi-p1YXyeh9oU.jpg Sandiaga Uno optimis Jakarta takkan semrawut lagi. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno meyakini, pencabutan larangan sepeda motor melintasi jalur Sudirman–Thamrin takkan menyebabkan kesemrawutan di kawasan tersebut. Pria yang akrab disapa Sandi itu mengatakan, kini pihaknya bersama Dinas Perhubungan sedang mengkaji rencana tersebut.

Kata dia, nantinya hasil dari penelitian itu bakal lebih meningkatkan pengawasan kondisi yang ada sekarang. Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menyebut kalau rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) mencabut larangan sepeda motor di jalur Sudirman-Thamrin akan menyebabkan kesemrawutan di kawasan itu.

"Jadi yang sekarang alhamdulillah sudah lebih tertata, bisa lebih ditingkatkan. Kita yakin kalau ada pelanggaran dipertegas," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017).

BACA JUGA: Anies Akan Cabut Aturan Larangan Motor di MH Thamrin, Polda Metro Jaya tidak Ingin Berpolemik 

Saat ditanya soal ketakutan DPRD karena jalur itu merupakan jalan VVIP, kata dia, pihaknya kembali melakukan analisis. Nantinya, pihaknya dan Dishub juga membahas permasalahan tersebut.

"Kita pastikan dengan Dishub dan instansi terkait yakni polisi untuk kawasan protokol yang butuh keamanan dan kenyamanan tinggi, maupun VVIP itu tidak akan semrawut lagi," imbuhnya.

BACA JUGA: Anies Larang Motor Melintasi Jalan Thamrin, Ketua DPRD DKI Usul Lebih Baik Dialihkan ke Transportasi Umum

Meski demikian lanjut Sandi, pihaknya berterima kasih kepada orang nomor satu di parlemen itu atas masukannya. Sebab kata dia, itu merupakan tugas dari legislatif, yakni pengawasan ke eksekutif.

"Insya Allah terimakasih masukannya pak Pras dan temen di dewan. Kita pastikan tak akan semrawut lagi," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi tak setuju soal rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang bakal mengizinkan kembali pengendara motor melewati Jalan Merdeka Barat-Thamrin. Sebab menurutnya, kebijakan yang dulu sudah benar agar mendorong masyarakat menaiki transportasi umum.

"Saya tidak setuju. Jadi diatur, dilarang, sekarang kan sudah bagus ya, pembangunan ada MRT, busway. Kita menekan agar teman-teman pengguna jalan naik kendaraan umum," ujarnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 7 November 2017.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini