nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Disapu Angin Puting Beliung, Satu Sekolah dan 15 Rumah Warga di Tangerang Rusak

Chyntia Sami B, Jurnalis · Jum'at 17 November 2017 18:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 17 338 1815972 disapu-angin-puting-beliung-satu-sekolah-dan-15-rumah-warga-di-tangerang-rusak-8AJbSo485d.jpg

TANGERANG - Sebanyak 15 rumah warga dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) Perintis Futuhiyah yang berada di Kampung Benda, Desa Benda, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang rusak akibat diterjang angin puting beliung, Jumat (17/11/2017).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Agus Suryana mengatakan, bencana angin puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB dan menyapu atap sekolah serta belasan rumah warga sekitar.

"Ya sekitar jam 13.00 WIB ada angin puting beliung, kondisi rumah warga yang terkena dampaknya tidak sampai hancur. Hanya atap rumahnya saja yang terbawa angin dan ada satu rumah yang tertimpa pohon tumbang," ujar Agus.

Agus menjelaskan, tindakan proses evakuasi rumah warga korban puting beliung telah dilakukan oleh pihak BPBP Kabupaten Tangerang dibantu oleh jajaran kepolisian dan TNI. "Saat ini sudah dibantu, pohonnya sudah dipotong cuma yang ketimpa pohon satu rumah, yang lainnya rusak dibagian atap saja," tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Balaraja Kompol Wendy Andrianto mengatakan, pada saat kejadian para warga sekitar berada di dalam rumah. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

"Saat kejadian para warga ada di dalam rumah. Lalu tiba-tiba mendung dan ada angin kencang. Saat mendengar suara gemuruh, warga berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri. Untuk korban jiwa tidak ada," ujar Wendy.

Nantinya, lanjut Wendy, proses perbaikan rumah korban bencana tersebut akan diserahkan kepada pihak pemerintah daerah. Adapun kerugian materiil yang ditanggung oleh warga akibat adanya bencana tersebut diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

"Dari kepolisian hanya membantu perapihan saja, tadi akses jalan juga sudah dibersihkan dan dibuka. Untuk perbaikan rumahnya diserahkan ke kecamatan atau Pemerintah Kabupaten Tangerang," pungkasnya.

(kha)

Berita Terkait

Puting Beliung

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini