Peringati Setahun Aksi 212, Massa Kembali akan 'Putihkan' Monas

Ahmad Sahroji, Okezone · Rabu 22 November 2017 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 21 338 1818064 peringati-setahun-aksi-212-massa-kembali-akan-putihkan-monas-v7BlwSx1wz.jpg

JAKARTA - Peringatan satu tahun aksi 2 Desember 2016 atau yang akrab dengan aksi 212 rencana akan digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Diperkirakan 1 juta massa baik dari Jabodetabek, maupun luar daerah bakal memadati kawasan Monas tersebut.

"Targetnya dari beberapa daerah sekitar 1 juta jamaah," kata Tokoh Presidium Alumni 212 Habib Novel Chaidir Bamukmin kepada Okezone, Rabu (22/11/2017).

Momentum tersebut, lanjut Novel, rencananya akan diisi oleh kegiatan Sholat Subuh Berjamaah, Dzikir, Maulid Nabi Muhammad SAW, Tausiyah (ceramaah agama), Konsolidasi, hingga Doa'a untuk Negeri.

Tokoh Front Pembela Islam (FPI) itu juga menambahkan, rencananya massa dari Bogor akan melakukan kegiatan longmarch menuju MOnas. "Ada longmarch dari Bogor," tambah Novel.

Dikatakan Novel, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno dikabarkan akan menghadiri reuni akbar alumni aksi 212 tersebut. "Insyallah Anies-Sandi dan beberapa tokoh dan pejabat pemerintahan lain akan menghadiri reuni akbar di Monas," terang Novel.

Sejumlah tokoh pemuka agama yang rencananya akan hadir di antaranya Mantan Ketua MPR dan Tokoh Muhammadiyah Amies Rais, KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Abdul Somad, dan beberapa tokoh lain. Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab pun direncanakan memberi tausiyah streaming dalam kegiatan tersebut.

"Saya berharap momentum ini dapat mempererat kembali persatuan dan kesatuan umat. Jangan mau dipecah-belah. Di sini kita kembali merajut ukhuwah (persaudaraan)," pungkas Novel.

Sebelum reuni akbar 212 digelar, kata Novel, pihaknya juga menggelar kongres nasional alumni 212 pada tanggal 30 November hingga 1 Desember, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, yang melibatkan beberapa tokoh nasional.

(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini