nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sandi: Program DP Rp0 agar Generasi Milenial Dapat Punya Rumah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 28 November 2017 23:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 28 338 1822244 sandi-program-dp-rp0-agar-generasi-milenial-dapat-punya-rumah-5EnqyIjYtm.jpg Wagub DKI Sandiaga Uno (Fadel Prayoga/Dok Okezone)

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta di bawah pemerintahan Anies-Sandi memiliki program rumah down payment (DP) Rp0. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, program itu merupakan solusi bagi kaum milenial yang tak bisa menabung agar dapat memiliki rumah.

"Itu justru yang kami antisipasi generasi milenial sekarang dengan gaya hidupnya yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya adalah budaya generasi milenial sini yang sangat consumption driven dan mereka tidak memiliki cukup uang untuk menabung, untuk memiliki rumah sendiri," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017).

(Baca Juga: Sandiaga Bikin Sayembara Penentuan Lokasi Rumah DP 0 Rupiah, Hadiahnya Ini)

Ia menambahkan, program itu memang menyasar ke kaum milenial. Sebab, ia memiliki tujuan agar semua warga Ibu Kota dapat memiliki hunian yang diidamkan.

"Rumah DP Rp0 ini adalah satu cara untuk mengurangi deadlock perumahan yang affordable. Perumahan yang terjangkau yang sebetulnya yang ditargetkan itu adalah pemilik rumah pertama yang sebagian juga dari generasi milenial," imbuhnya.

Ia mengimbau generasi milenial untuk segera menyimpan uangnya dan membeli rumah. Karena bila mereka hanya menghabiskan fulusnya untuk membeli motor dan gadget, itu tak memiliki nilai tambah.

"Kalau mereka hanya membeli barang-barang yang konsumtif, seperti mobil, motor, atau barang-barang yang gadget electronic, itu justru terdepresiasi terus. Yang terapresiasi itu hanya rumah," harapnya.

(Baca Juga: Soal Rumah DP 0 Rupiah, Sandiaga: Di Google Tulisannya Sarana Jaya Pondok Kelapa)

Selain itu, kata Sandi, program rumah tersebut juga dapat menumbuhkan lapangan pekerjaan.

"Jadi ini yang terpikirkan salah satu pendekatan kita untuk menjawab tantangan yang sekarang demografi kita shifting ke generasi milenial," tukasnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini