nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Disebut Biang Kemacetan, BPTJ Siap Benahi Lalin 17 Stasiun di Jabotabek

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 03 Desember 2017 21:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 03 338 1824495 disebut-biang-kemacetan-bptj-siap-benahi-lalin-17-stasiun-di-jabotabek-BKjJTYwyqQ.jpg Lalu lintas depan stasiun (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihantono berencana akan menertibkan lalu lintas di stasiun-stasiun Jabodetabek. Pasalnya Ia menganggap aktifitas pengguna jasa transportasi kereta yang terus meningkat sehingga menjadi penyebab kemacetan lalu lintas di stasiun.

"Dalam waktu jangka pendek ini ya tadi menertibkan stasiun-staisun karna kami menganggap stasiun penyebab kemacetan. Karna angkutan kereta ini makin baik akan bertambah terus bayangin ini baru 1 juta nanti kalo udah 2 juta betapa semrawutnya itu stasiun, makanya perlu dari sekarang," kata Bambang usai diskusi transportasi di Jalan Abdul Muis, Petojo Selatan, Jakarta Pusat, Minggu, (03/12/2017).

Rencananya BPTJ akan membenahi 17 titik macet di stasiun kereta agar kondisi lalu lintas bisa berjalan dengan lancar. "Maka kita ada 17 titik yang akan kita tertibkan supaya traffic yang dilalui tuh lancar," tuturnya.

Dalam keterangan tertulisnya, stasiun pertama yang ditata oleh BPTJ adalah Stasiun Sudirman. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun terpadat dengan jumlah commuter mencapai 60 ribu orang per hari.

Kemacetan terjadi diakibatkan oleh banyak ojek online yang menunggu pengguna KRL di ruas jalan sekitar stasiun sudirman.

"Penanganan kemacetan dilakukan dengan memindahkan lokasi menunggu ojek online di ruas jalan ke bangunan bekas Pasar Blora. Stasiun kedua yang sekarang sedang ditangani yaitu Stasiun Manggarai dan sudah dikoordinasikan dengan pihak DAOP I, PT KAI, Dishub DKI dan pihak terkait lainnya," terangnya.

Adapun penataan 17 titik kemacetan di Stasiun kereta yaitu di:

1. Stasiun Jatinegara

2. Stasiun Sudirman

3. Stasiun Juanda

4. Stasiun Tanah abang

5. Stasiun Depok Baru

6. Stasiun Pasar Minggu

7. Stasiun Cawang

8. Stasiun Manggarai

9. Stasiun Kebayoran

10. Stasiun Cikini

11. Stasiun Jakarta Kota

12. Stasiun Duren Kalibata

13. Stasiun Palmerah

14. Stasiun Grogol

15. Stasiun Tebet

16. Stasiun Klender

17. Stasiun Karet

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini