nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Pungli, Wagub Sandi Dukung Satpol PP Lakukan Pergeseran Personel

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017 02:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 04 338 1825164 cegah-pungli-wagub-sandi-dukung-satpol-pp-lakukan-pergeseran-personel-WcHMrkVCQ8.jpg Satpol PP DKI Jakarta. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

JAKARTA – Guna menghindari praktik pungutan liar (pungli), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta bakal melakukan pergeseran penempatan tugas terhadap seluruh jajarannya. Wakil Gubernur Sandiaga Salahuddin Uno pun mendukung langkah tersebut.

Politikus Partai Gerindra itu menuturkan, pihaknya baru mengetahui ternyata ada petugas Satpol PP yang bertugas di satu wilayah selama puluhan tahun.

"Iya, rolling-nya tadi Pak Yani (Kepala Satpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu) sudah sampaikan yang sudah 10 tahun atau lebih atau sebelumnya akan di-rolling," ujar Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Senin 4 Desember 2017.

(Baca: Ombudsman Putar Video "Transaksi" Satpol PP-PKL, Oknum Merajalela)

Terkait temuan Ombudsman RI, kata Sandi, pihaknya telah menginstruksikan Satpol PP untuk melakukan perbaikan. Ia berharap tidak ada lagi kejadian serupa terulang.

"Untuk masukan Ombudsman, kita akan lebih jeli melakukan penataan ruang untuk lokasi binaan dan lokasi sementara dan untuk inspektorat. Kita terima laporannya dan langsung kita lakukan sesuai dengan saran," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Satpol PP Yani Wahyu berniat melakukan perombakan personelnya dalam antisipasi praktik pungutan liar (pungli) terkait temuan video maladministrasi dari Ombudsman RI.

"Dia (personel) itu bertugas sudah sampai 8–10 tahun, bertugas di tempat yang sama, titik yang sama, tugas yang sama. Ini ada indikasi kedekatan lingkungan dengan tempat tugas dia bekerja. Bisa dekat karena keakraban, bisa kedekatan dengan 'something wrong'," kata Yani di Balai Kota.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini