nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kurangi Volume Banjir, Pemprov DKI Genjot Normalisasi Sungai

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 13 Desember 2017 20:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 13 338 1829942 kurangi-volume-banjir-pemprov-dki-genjot-program-normalisasi-nAcL5v0VAZ.jpg Kepala Dinas Sumber Daya Air Jakarta Teguh Hendrawan (Foto: Fadel Prayoga)

JAKARTA - Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan, tengah menggenjot program normalisasi sungai di seluruh kali Jakarta. Hal itu untuk mengurangi banjir yang selalu menghantui Ibu Kota ketika turun hujan.

"Fokus normalisasi yang kami lakukan tetap jalan," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).

Ia menjelaskan, fokus normalisasi yang dilakukan ada di Kali Pesanggrahan, Sunter dan Ciliwung. Kata dia, pihaknya tak bisa menyentuh seluruh kali karena anggaran yang diterima sangat terbatas.

"Kita fokus di selatan, mengingat anggaran yang terbatas," imbuhnya.

(Baca Juga: 5 Banjir Terbesar yang Pernah Terjadi di Ibu Kota Jakarta)

Lebih dalam, ia menekankan, hingga akhir tahun proses normalisasi itu bakal mencapai 60%. Kendala yang ia alami dalam proses normalisasi adalah masalah pembebasan lahan.

"Sampai akhir tahun progres di lapangan itu sekitar 50-60%. Karena kan pembebasan lahannya tidak semudah yang kami bayangkan, memang butuh waktu dan tenaga, termasuk persoalan administrasi, gugatan-gugatan dan lainnya," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini