nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tinjau Jalan Rasuna Said, Anies Temukan Penyebab Banjir

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 13 Desember 2017 20:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 13 338 1829966 tinjau-jalan-rasuna-said-anies-temukan-penyebab-banjir-hWGVvut9F0.jpg Gubernur DKI Jakarta Rasyid Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meninjau saluran air yang ada di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, tepatnya di depan Menara UOB. Setelah melakukan pengecekan, ia mengetahui penyebab banjir di kawasan itu, yakni ada tujuh saluran air yang tersumbat di daerah tersebut.

"Kita dilaporkan ada sebenarnya sepanjang jalan ini 5 saluran di ujung sudut jalan seperti yang kita lihat. Kemudian ada 2 saluran air di bawah pembatas jalur cepat dan jalur lambat dan satu lagi di tengah yang sekarang jadi jalur LRT," kata Anies di lokasi Rabu (13/12/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, penyebab sumbatan itu adalah banyak kabel-kabel yang ditaruh di gorong-gorong. Sehingga, tak aneh bila daerah ini tenggelam setelah diguyur hujan.

 (Baca Juga: Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Bakal Bangun Sumur Serapan)

"Saluran kecil dari jalan raya ke saluran besar itu di ujungnya banyak hambatan karena kabel fiber optik. Anda lihat fiber optik itu banyak sekali di situ," imbuhnya.

Untuk langkah ke depannya, lanjut Anies, pihaknya akan memetakan daerah mana saja yang dinilai sebagai titik yang rawan banjir. Ketika sudah terbaca wilayah yang rawan banjir, pihaknya akan mempersiapkan alat untuk menanggulangi banjir.

"Kita akan menentukan daerah yang rawan genangan dan banjir dan data itu sudah ada dan data itu akan diterjemahkan oleh walikota dalam bentuk nama-nama jalan. Nah di jalan itu kita akan siapkan semua personalia semua alat yang bisa mencegah terjadinya genangan apalagi banjir," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini