Share

Pemprov DKI Akan Robohkan Pasar Tanah Abang Blok G

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 21 Desember 2017 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 21 338 1834012 pemprov-dki-akan-robohkan-pasar-tanah-abang-blok-g-tlOTVFlc01.jpg Pasar Tanah Abang Blok G (foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, pihaknya akan segera merobohkan Blok G Pasar Tanah Abang. Pasalnya, PD Pasar Jaya akan membangun ulang pasar tersebut.

"Rencananya Blok G akan kami demolish, bangun dengan bangunan baru. Kami sudah kaji untuk konstruksi dan bangunan Blok G seharusnya dirobohkan dan dibangun yang baru," kata Arief di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Arief menjelaskan, bahwa Pemprov DKI rencananya akan merobahkan bangunan Blok G pada 2018. Selanjutnya PD Pasar Jaya akan membangun ulang pasar tersebut di tahun yang sama.

Selain itu, perobohan bangaunan Blok G dilakukan lantaran gedung tersebut telah tua.โ€Ž "Itu akan dirobohkan karena gedungnya sudah 30 tahun usianya. Saya maunya di 2018. Selesainya (bangunan baru) enggak lama, dua tahun sebenarnya kalau sudah ground breaking jadi," jelas Arief.

ย 

Arief menambahkan, โ€Žsaat ini pihaknya tengah mencari lahan kosong untuk membangun tempat penampungan sementara yang akan diberikan kepda sekitar 900 pedagang yang saat ini berjualan di Blok G.

Rencananya Pemprov DKI akan menggunakan lahan seluas 3.000 meter persegi di belakang Blok G yang akan habis disewa pada 2017. PD Pasar Jaya rencananya akan menyewa lahan tersebut sebagai tempat penampungan sementara para PKL Blok G.

Ke depan, lanjut Arief, Blok G Pasar Tanah Abang yang dibangun ulang rencananya akan dilengkapi 1.500 unit rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

"Di awal kami perencanaannya adalah rusun. Jadi, di bawahnya itu pasar, atasnya rusun. Untuk umum sebenarnya, tapi mungkin pedagang itu skala prioritas supaya mereka enggak jauh-jauh untuk berjualan," paparnya.

ย 

Selain itu, nantinya akan dibangun jembatan (sky bridge) yang menghubungkan Blok G dengan blok-blok lainnya di Pasar Tanah Abang. Selanjutnya Pemprov DKI merencanakan bahwa di Pasar Blok G akan menjadi tempat pemberhentian moda transportasi berbasis kereta, antara light rail transit (LRT) atau mass rapid transit (MRT).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini