nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur DKI Akui Rotasi Personel Satpol PP dari Laporan Ombudsman RI

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017 11:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 29 338 1837323 gubernur-dki-akui-rotasi-personel-satpol-pp-dari-laporan-ombudsman-ri-KSNSxw7uUF.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat apel bersama Satpol PP (foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pihaknya melakukan rotasi anggota Satpol PP karena laporan dari Ombudsman RI. Sehingga, akan terjadi penyegaran di dalam tubuh jajaran penegak perda tersebut.

Anies menuturkan, laporan dari masyarakat ihwal oknum Satpol PP yang melakukan pungutan liar (Pungli) memang menjadi bahan pertimbangan pihaknya dalam mengutak-atik personel Satpol PP. Sebab, ia menduga dengan mereka bertugas di salah satu tempat selama puluhan tahun akan terjadi konflik kepentingan dengan masyarakat sekitar.

"Banyak petugas yang sudah terlalu lama di tempat yang sama, sehingga suasananya sudah menjadi bagian dari tempat itu. Kalau di tempat itu ada masalah belum tentu dia menyelesaikan masalah bahkan merasa normal-normal saja," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2017).

Satpol PP Bongkar Lapak PKL yang Berjualan di Atas Trotoar

 (Baca juga: Gubernur DKI Minta Satpol PP Harus Bangun Citra Positif)

Ia berharap dengan adanya rotasi di dalam tubuh Satpol PP akan menunjukkan hasil yang positif. Sehingga tak ada lagi anggapan masyarakat kalau Satpol PP itu suka minta 'jatah' pungli.

Selain itu, kata Anies, dirinya juga berharap ada semangat kerja yang tinggi dari para anggota. Maka, dengan begitu tercipta sebuah kompetisi kerja yang baik antar petugas.

"Satpol PP supaya satu sisi kita ingin Satpol PP menegakkan peraturan ketenteraman dan kedamaian, di sisi lain Satpol PP menjadi bagian dari masyarakat yang kehadirannya terasa sebagai sesuatu yang positif," pungkasnya.

Satpol PP Bongkar Lapak PKL yang Berjualan di Atas Trotoar

(Baca juga: Cegah Pungli, Wagub Sandi Dukung Satpol PP Lakukan Pergeseran Personel)

Sekadar informasi, Satpol PP telah resmi merotasi 3.648 personilnya. Adapun rotasi yang dilakukan terdiri atas 78 personel tingkat Provinsi, Jakarta Pusat 632 personel, Jakarta Utara 546 personel, Jakarta Barat 774 personel, Jakarta Selatan 774 personel, Jakarta Timur 766 personel, dan Kabupaten Kepulauan Seribu 37 personel.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini