nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Buru Komplotan Pemilik 1 Ton Ganja Aceh yang Diselundupkan ke Jakarta

Badriyanto, Jurnalis · Kamis 04 Januari 2018 14:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 04 338 1839994 polisi-buru-komplotan-pemilik-1-ton-ganja-aceh-yang-diselundupkan-ke-jakarta-oT3XkoHMYU.jpg Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis (Foto: Badriyanto)

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis mengatakan, sebanyak enam orang berhasil diringkus dalam pengungkapan 1,3 ton ganja kering. Keenamnya yakni, Frengki Alexander (31), Yohanes Christian Natal alias Ambon (30), Ade Susilo alias Chemonk (29), Rizki Akbar (27), Rocky Siahaan(34) dan Gardawan (24).

Menurut Idham, saat ini anak buahnya masih memburu tiga tersangka lainnya dengan peran yang berbeda-beda. Mereka berinisial MB dan BM selaku pemilik ganja serta IL orang yang memodifikasi mobil boks sebelum digunakan mengangkut ganja dari Aceh ke Lampung. 

"Jumlah tersangka yang telah diamankan enam orang dan masih dilakukan pengembangan, gabungan dari jajaran Polres Metro Jakarta Barat bersama dengan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya," kata Idham di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (4/1/2017).

(Baca Juga: Kronologi Pengungkapan 1 Ton Ganja dari Aceh di Malam Tahun Baru)

Ganja seberat 1,3 ton itu gagal diselundupkan ke Ibu Kota oleh para pelaku karena tercium oleh aparat saat tiba di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan pada 31 Desember 2017, tepat sesaat sebelum perayaan malam pergantian tahun baru 2017-2018.

Mobil boks dengan nomor polisi B 9337 TCD beserta pengemudinya, Frengki Alexander langsung digelandang ke Jakarta. Sesampainya di Mapolres Metro Jakarta Barat dibongkar dan ditemukan sebanyak 1.300 paket ganja kering atau berat 1,3 ton siap edar yang ditumpuk dalam karung arang kayu. 

"Jumlah barang bukti ganja yang berhasil diamankan kurang lebih 1,3 ton. Saya tidak buka dulu karena proses pengembangan," kata Idham.

(Baca Juga: Polda Metro Gagalkan Penyelundupan 1 Ton Ganja Jaringan Aceh-Jakarta)

Dalam pengungkapan upaya penyelundupan ganja itu, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 5 mobil dengan berbagai jenis, 21 unit handphone, 3 buah timbangan digital, 30 karung arang kayu, 8 buku tabungan dan 4 STNK, BPKP dan kunci kotak.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini