Ini Penjelasan Gubernur DKI soal Pengopersian Becak di Jakarta

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 15 Januari 2018 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 15 338 1845154 ini-penjelasan-gubernur-dki-soal-pengopersian-becak-di-jakarta-KToVsbH39K.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota (foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan bahwa kendaraan becak tidak akan beroperasi di Jalan Raya Ibu Kota, tetapi akan beroperarasi di pemukian dan perkampungan warga Jakarta.

"Jadi di kampung-kampung itu, banyak sekali warga yang dalam kenyataannya menggunakan angkutan lingkungan berbentuk becak. Bukan di jalan raya tapi di jalan kampung," papar Anies di Balai Kota, Senin (15/1/2018)

Anies menceritakan, bahwa saat ini masyarakat di kampung-kampung Jakarta lebih memilih moda transportasi roda tiga ini kebanyakan untuk mengakut barang belanjaan dari pasar dan becak ini aksesnya lebih mudah dibandingkan dengan alat trasnportasi lainnya.

"Mereka yang pulang belanja dagangan yang warungnya di dalam itu masuknya ke dalam pakai apa? Pakai becak," tegas Anies.

Mantan Mendikbud ini juga menilai diperlukannya kendaraan becak-becak ini agar tetap berada di jalur yang tepat seperti di jalanan kampung-kampung di Jakarta.

"Nah kita akan mengatur supaya becak berada tetap di dalam kampung, tidak becak berada di jalan dan tidak semua tempat hanya di tempat yang memang kenyataanya memang ada," paparnya.

Oleh karena itu, Anies akan segera menata kendaraan becak untuk tetap beroperasi di kampung-kampung yang ada di kawasan Jakarta.

"Jakarta ini untuk semuanya jadi ingin bagi warga yang memang membutuhkan becak bisa pakai becak. Tapi di sisi lain kita juga mengatur jangan sampai hadirnya kendaraan becak memperumit masalah lalu lintas," kata Anies.

Meski begitu, Anies enggan memberi tahu kapan penataan terhadap becak itu dimulai tetapi berencana akan membahasnya dengan Dinas Perhubungan mengenai penataan tersebut.

"Nanti saya bisa bahas dengan Dinas Perhubungan untuk menata itu semua," tukasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini