nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buat Ijazah Palsu, Ompong Ditangkap Polisi di Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 13:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 16 338 1845662 buat-ijazah-palsu-ompong-ditangkap-polisi-di-bogor-fTq1bl7H8B.jpg Kapolres Bogor, AM Dicky saat jumpa pers (foto: Putra/Okezone)

BOGOR - Kepolisian Resor Bogor menangkap pria berinisial NA alias Ompong lantaran nekat menjadi pembuat ijazah sekolah palsu yang beraksi di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kapolres  Bogor, AKBP AM Dicky mengatakan penangkapan tersebut bermula dari adanya laporan masyarakat bahwa pelaku NA kerap menerima pesanan pembuatan ijazah sekolah palsu di Bogor.

"Ini awalnya dari laporan masyarakat, lalu kita tindak lanjuti dan pelaku kami amankan di rumahnya di daerah Cileungsi," katanya, Selasa (16/1/2018).

Dari hasil pemeriksaan sementara, kepada polisi NA mengaku memalsukan ijazah dari berbagai sekolah mulai dari tingkat SMP hingga SMA swasta maupun negeri yang berada di wilayah Bogor dan Bekasi.

"Tapi paling banyak dipalsukan ijazah SMA swasta. Rata-rata mereka yang memesan ijazah palsu ini untuk keperluan melamar pekerjaan," jelas Dicky.

Dicky menambahkan, untuk satu lembar ijazah palsu, pelaku mematok tarif sebesar Rp1,5 juta kepada pelangganya. Pelaku diketahui memasarkan ijazah buatannya melalui internet dan mulut ke mulut.

"Paling banyak dari mulut ke mulut aja. Jadi pelaku membuat ijazahnya dari kertas concort lalu di print dan di stempel palsu sesuai keinginan," paparnya.

Selain pelaku, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti berupa satu paket komputer dan printer, 13 lembar ijazah palsu, 45 lembar hologram Tutwuri Handayari, 15 stempel palsu dan 2 buah flash disk.

"Pelaku bisa dijerat dengan Pasal 263 Ayat 1 KUHP tentang dokumen palsu ancaman hukumannya maksimal enam tahun penjara," pungkas Dicky.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini