nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gay Jadi Penderita Terbanyak HIV di Kota Bekasi

Djamhari, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 12:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 18 338 1846762 gay-jadi-penderita-terbanyak-hiv-di-kota-bekasi-DTWFp1NoIO.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

BEKASI - Pasangan gay atau homoseksual di Kota Bekasi menjadi penyumbang terbanyak korban penderita human immunodeficiency virus (HIV) sepanjang 2017.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi tercatat, dari sebanyak 466 orang penderita HIV, pasangan sesama pria menjadi yang mendominasi penyakit mematikan tersebut.

“Dari total yang kami data itu, ada sekitar 61 persen atau 284 korbannya berasal dari kalangan homoseksual,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati, Kamis (18/1/2018).

Dezi mengatakan, penyakit itu dilatarbelakangi akibat sering berganti pasangan saat berhubungan badan. Sedangkan, pasangan sejenis dari sesama pria paling rawan mengalami risiko HIV karena perilaku seksual menyimpang.

(Baca juga: Kematian Akibat HIV/AIDS di Purbalingga Meningkat Selama 7 Tahun Terakhir)

“Jadi, kenapa mereka paling rawan terkena HIV karena mereka berhubungan badan dengan seks anal. Padahal anus tidak bisa mengeluarkan cairan lubrikasi untuk mengurangi gaya gesek,” jelas Dezi.

Menurut Dezi, seks menyimpang yang mereka sangat bahaya sebab menjadi celah virus HIV masuk ke tubuhnya. Hal itu karena tindaakan seks mereka akan membuat kelamin maupun anus menjadi terluka.

“Resiko terkena HIV pun akan semakin tinggi lagi di saat mereka berhubungan seksual tidak menggunakan alat kontrasepsi kondom,” tambah Dezi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini