Pemprov DKI Targetkan Proyek TOD dan Rumah DP 0 Rupiah di Kampung Rambutan

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 19 Januari 2018 22:54 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 19 338 1847709 pemprov-dki-targetkan-proyek-tod-dan-rumah-dp-0-rupiah-di-kampung-rambutan-KwskGaE7z2.jpg Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, pihaknya merencanakan pembangunan proyek transit oriented development (TOD) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, dimulai Tahun 2018.

"Kan sekarang sudah in line, Pak Gubernur sudah bicara dengan Bu Menteri BUMN, nanti tinggal bicara, diskusi teknis, konsep skema pembiayaan seperti apa. Saya pikir di tahun 2018 sudah bisa groundbreaking," kata Sigit di Kantor Dinas Perhubungan DKI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2018).

Sigit menjelaskan, Groundbreaking TOD itu tak akan mengalami kendala karena lahan di sana merupakan milik Dinas Perhubungan. Kata dia, PT. Adhi Karya meminta Pemprov DKI untuk membangun jembatan antara Terminal Kampung Rambutan dan Stasiun LRT Kampung Rambutan.

Pihaknya menyanggupi permintaan tersebut, bahkan nanti di sana akan terbangun hunian untuk masyarakat dengan konsep DP nol rupiah. Mengingat, luas lahan yang tersedia cukup besar.

"Dari Pak Gubernur dan Pak Wagub ingin membuat sistem integrasi yang lebih baik, ada hunian, transportasi berbasis jalan maupun berbasis rel," kata Sigit.

 (Baca juga: Anies: Rumah DP Nol Rupiah Bukan untuk Diperjualbelikan!)

(Baca juga: 21 Pengembang Siap Bantu Pemprov DKI Bangun Rumah DP Nol Rupiah)

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno menerangkan, di sana tersedia lahan sekira 14 hektare. Pihaknya akan memanfaatkan tanah sebesar itu untuk pembangunan rumah DP nol rupiah. Sebab, ia menyayangkan lahan sebesar itu tak dimanfaatkan untuk hunian masyarakat.

"Luas tanahnya lebih dari 10 hektar, 14 hektar dan itu bisa jadi rumah dengan DP 0 rupiah yang cukup signifikan," kata Sandi di Kantor Dishub DKI Jakarta, hari ini.

Sandi meminta Kadishub DKI Jakarta, Andri Yansah untuk segera memfinalisasikan rencana tersebut. Ia menyarankan agar Dishub segera melakukan komunikasi dengan jajaran BUMN, BUMD, swasta agar pembangunan TOD Kampung Rambutan segera terlaksana.

"Paling enggak rencaanya bisa dimatangkan satu dua bulan ke depan dan dipresentasikan untuk diputuskan oleh pimpinan," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini