nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Siapkan Rusunawa bagi Warga Tak Mampu Beli Rumah DP 0 Rupiah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 13:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 22 338 1848419 pemprov-dki-siapkan-rusunawa-bagi-warga-tak-mampu-beli-rumah-dp-0-rupiah-T4fXr9pGW3.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya berencana membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). Hal itu untuk mengakomodir masyarakat yang tak mampu membeli hunian DP nol rupiah.

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan, nantinya mereka yang menempati lokasi Rusunawa hanya masyarakat yang penghasilannya di bawah upah minimum provinsi (UMP). Karena itu, salah satu solusi yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk warga yang tak bisa membeli rumah DP nol rupiah.

"Dulu terpikirkan opsinya dibuatkan rusunawa jadi mereka menyewa di situ, tapi konsepnya menyewanya itu mungkin yang jangka panjang sekali. Sehingga di ujung penyewaan itu mereka mempunyai opsi untuk memiliki dengan skema itu," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2018).

(Baca Juga: Setelah Klapa Village, Rumah DP Rp0 Bakal Dibangun di Rorotan)

Pihaknya tak ingin mereka yang tak bisa memenuhi persyaratan untuk membeli rumah DP nol rupiah, tak mempunyai hunian yang laik untuk tempat tinggal. "Nah, di situ mungkin intervensi pemerintah untuk memberikan opsi lain," imbuhnya.

Ia menambahkan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta, Agustini telah memperbincangkan rencana tersebut. Saat ini, lanjut Sandi, mereka sedang merancang skema untuk memberikan opsi lain sebagai bentuk upaya mencarikan solusi warga untuk bisa membeli rumah DP 0 rupiah.

"Teman-teman itu lagi bikin dan kadis dinas perumahan ngajuin itu," tukasnya.

(Baca Juga: Pemprov DKI Targetkan Proyek TOD dan Rumah DP 0 Rupiah di Kampung Rambutan)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini