Gempa Banten Terasa hingga Bogor, 1 Rumah di Puncak Ambruk

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 23 Januari 2018 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 23 338 1849098 gempa-banten-terasa-hingga-bogor-1-rumah-di-puncak-ambruk-aBep4dmQGj.jpg Rumah yang ambruk akibat Gempa Banten (Foto: Putra Ramadhani Astyawan/Okezone)

BOGOR - Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala richter (SR) mengakibatkan sebuah rumah yang berada di Kampung Tarikolot, Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengalami rusak berat.

Ketua RT 01/04 Tarikolot, Beni mengatakan rumah dua lantai tersebut hancur dan tersisa hanya dinding depan rumah usai diguncang gempa yang berpusat di Lebak, Banten sekira pukul 13.34 WIB. Akibatnya nilai kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

 (Baca: Puluhan Rumah dan Jalanan Retak Akibat Gempa 6,4 SR di Banten)

"Kerugian ratusan juta, karena tidak ada barang yang bisa diselamatkan," ujar Beni, Selasa (23/1/2018).

Beni menambahkan, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu karena dua orang penghuni rumah sempat berlari ke luar saat terjadinya gempa.

Hingga saat ini, pihak aparat desa setempat dibantu oleh petugas Satpol PP, Babinkamtibmas dan warga sekitar masih bergotong-royong membersihkan puing bangunan rumah tersebut yang hancur berantakan.

"Di rumah itu ada dua orang, keduanya selamat karena mereka keburu keluar saat gempa," tandasnya.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 6,1 skala richter sempat mengguncang wilayah Jakarta dan sekitarnya. Gempa tersebut diketahui berpusat di Lebak, Banten dengan kedalaman 10 kilometer.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa bumi itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun, kerasnya guncangan gempa sempat membuat masyarakat panik.

 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini