nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyitaan Kendaraan oleh Debt Collector Penyebab Bentrok di Pucak Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Kamis 25 Januari 2018 18:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 25 338 1850265 penyitaan-kendaraan-oleh-debt-collector-penyebab-bentrok-di-pucak-bogor-3Wv6B9iqto.jpg Polisi masoh berjaga di lokasi bentrokan dua kelompok massa di Puncak Bogor (Foto: Putra/Okezone)

BOGOR - Dua kelompok massa yang terlibat bentrok di Jalan Raya Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, lantaran diduga berawal dari adanya aksi perampasan kendaraan oleh kelompok debt collector.

"Awalnya ada perseteruan antara kreditor dengan perusahaan leasing yang mengambil kendaraan. Lalu keduanya sama-sama membawa massa sehingga terjadi bentrok," kata Kapolres Bogor, AKBP AM Dicky di Mapolsek Cisarua, Bogor, Kamis (25/1/2018).

Akibat bentrokan tersebut, beberapa orang dari kedua pihak mengalami luka-luka. Sementara, polisi juga telah mengamankan sejumlah orang yang terlibat bentrokan untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Iya ada yang luka tadi kena pukulan. Kami juga sudah mengidentifikasi orang yang ikut dalam bentrokan dari kamera CCTV Polsek Cisarua. Intinya ini bukan dari warga sekitar Cisarua, tapi dari luar," jelas Dicky.

(Baca Juga: Dua Kelompok Massa Bentrok di Bogor, Jalur Puncak Macet)

Polisi pun mengimbau jika ada permasalahan terkait kredit macet untuk tidak main hakim sendiri atau merapas kendaraan di jalanan. Karena keduanya bisa menyelesaikan dengan aturan yang berlaku.

"Kan ada fidusia. Jadi kalau mengambil kendaraan harus koordinasi dengan pengadilan dan polisi. Kalau ada kreditor yang tidak bayar sampai menjual itu penggelapan dan bisa dilaporkan. Kita akan tindak tegas semua yang terlibat," pungkas Dicky.

Sementara itu, hingga kini suasana di lokasi pascabentrokan sudah berangsur-angsur kondusif. Namun, beberapa aparat kepolisian bersenjata lengkap masih berjaga-jaga di sekitar lokasi.

Menurut warga sekitar, Hendra (45), peristiwa bermula saat sekelompok massa tengah berkumpul di depan Mapolsek Cisarua sekira pukul 14:30 WIB. Tiba-tiba, kelompok itu saling serang dengan kelompok lainnya.

Aksi saling lempar batu di Jalan Raya Puncak antara kedua kelompok itupun tak terhindarkan. Petugas kepolisian yang ada di lokasi terpaksa "membuang" tembakan ke udara untuk membubarkan massa.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini