Sekjen Bang Japar Tolak Diperiksa, Polisi: Proses Hukum Tetap Berjalan

Badriyanto, Okezone · Rabu 31 Januari 2018 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 31 338 1852743 sekjen-bang-japar-tolak-diperiksa-polisi-proses-hukum-tetap-berjalan-GDpzluLTwn.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo (foto: Okezone)

JAKARTA - Polisi tidak mempersoalkan sikap Sekjen Lembaga Bantuan Hukum Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) Eka Jaya, yang menolak diperiksa penyidik sebagai terlapor atas kasus dugaan ancaman melalui media elektronik terhadap salah satu anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menegaskan, polisi tetap melanjutkan proses penyelidikan atas laporan yang dibuat Sidarto itu. Ia akan segera mengumpulkan keterangan saksi-saksi dan ahlinya untuk mencari petunjuk terkait hukum tersebut.

"Seandainya yang bersangkutan tidak berkenan, tidak mau klarifikasi ya tidak apa-apa, tapi tetap berjalan. Jadi kita akan periksa saksi ahli, ahli pidana, ahli bahasa ahli IT, apakah memenuhi unsur pidana enggak disitu," ungkap Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

 (Baca juga: Sekjen Bang Japar Tolak Beri Penjelasan Terkait Dugaan Ancaman ke Wantimpres)

Argo menjelaskan, pemanggilan Eka Jaya pada Selasa 30 Januari kemarin sedianya penyidik hanya ingin mengklarifikasi konten SMS yang dipolisikan Sidarto. Pasalnya, ada dua konten pesan berbeda-beda yang kemudian dianggap mengandung ancaman terhadap Sidarto.

"Jadi kemarin kita lakukan undangan klarifikasi itu adalah hak, kita berikan seseorang untuk klarifikasi berkaitan dengan adanya laporan, itu kita berikan ruang waktu untuk klarifikasi," jelas mantan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur itu.

Seperti diketahui, pada Senin 30 Januari kemarin Eka bersama rombongannya menyambangi Polda Metro Jaya atas panggilan penyidik sebagai terlapor. Namun yang bersangkutan tidak mau memberikan keterangan prihal kasus yang sedang melilitnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini