Share

DPD Partai Perindo Jaksel Lolos Verifikasi Faktual KPU

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 02 Februari 2018 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 02 338 1853777 dpd-partai-perindo-jaksel-lolos-verifikasi-faktual-kpu-sflKMEDYwD.jpg DPD Perindo Jaksel saat verifikasi faktual (foto: Rizki/Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Administrasi Jakarta Selatan menyatakan DPD Perindo Jaksel memenuhi syarat verifikasi faktual. Hal itu dibuktikan dengan penyerahan berita acara verifikasi faktual parpol.

Ketua KPU Kota Administrasi Jakarta Selatan, Muhammad Ikbal mengatakan sesuai dengan aturannya ada dua hal yang menjadi penilaian, pertama verifikasi kepengurusan yang dibagi kedalam tiga aspek yakni kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan kesekretariatan atau kantor dan kedua verifikasi keanggotaan.

"Pertama verifikasi kepengurusan meliputi Ketua, Sekretaris, dan Bendahara dengan menunjukan KTP serta KTA, kedua keterwakilan 30 persen perempuan, dan ketiga verifikasi kantor," ujarnya di Kantor KPU Jakarta Selatan, Jumat (02/02/2018).

Selain Perindo, Ikbal juga menyebutkan 12 parpol lama dan 4 partai baru termasuk Perindo juga dinyatakan memenuhi syarat terkait verifikasi faktual. Pun begitu kata Ikbal, KPU Jaksel hanya bisa menyatakan parpol yang ada di Jakarta Selatan ini memenuhi syarat, sedang putusan lolos tidaknya sebuah parpol itu berada di tangan KPU RI.

Pasalnya, kata dia, parpol bisa dinyatakan lolos setelah parpolnya itu memenuhi syarat di semua wilayah Indonesia. Adapun di tingkat kota, khususnya di Jakarta Selatan, ada tiga tahapan yang harus dipenuhi parpol hingga akhirnya parpol itu dinyatakan memenuhi syarat.

"KPU Jaksel beserta 513 KPU kabupaten kota sebetulnya tidak memiliki kewenangan, kami hanya melakukan verifikasi, keputusan ada di KPU RI sebab partai harus lolos 100 persen di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Ikbal menambahkan, verifikasi pada semua parpol itu mengacu pada putusan MK yang mengharuskan semua parpol, baik parpol baru maupun parpol lama untuk mengikuti verifikasi faktual. Bila masih ada parpol yang belum memenuhi syarat, bakal diberikan waktu perbaikan satu hari nantinya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Perindo Jakarta Selatan Syarief Hidayatulah mengungkapkan, dirinya bersyukur DPD Partai Perindo Jakarta Selatan dinyatakan memenuhi syarat dan lolos verifikasi faktual. Adapun hasil selanjutnya hanya tinggal menantikan di tingkat provinsi saja.

"Semua dinyatakan memenuhi syarat karena memang kami mengikuti undang-undang dan aturan yang benar, melalui tahapan-tahapan yang benar, sesuai pula dengan revisi PKPU. Saya harapkan Perindo terus solid agar bisa memenangkan Pemilu 2019 nanti," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Jakarta Selatan, Muchtar Taufiq menerangkan, perubahan PKPU dan hasil putusan MK itu sejatinya memudahkan parpol dalam melakukan verifikasi faktual. Namun, ada beberapa parpol yang masih belum memahami persoalan itu.

"Maka itu, saat kami temukan ada yang terindikasi tak seusai aturan, PKPU, maka kami minta untuk melakukan perbaikan," ungkapnya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini