nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Banjir di Jakarta, Anies: Kami Siapkan 30 Pompa Air

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 14:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 05 338 1854869 antisipasi-banjir-di-jakarta-anies-kami-siapkan-30-pompa-air-dmpEEJkmjI.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota (foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 30 pompa air yang bisa berpindah-pindah dan akan ditempatkan di seluruh pintu air. Hal itu untuk mengantisipasi kiriman air yang datang dari Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat.

"lebih dari 30 mobile pompa sudah disiapkan yang bisa bergerak secara leluasa saat ini," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, pompa-pompa itu ditaruh di tempat yang menjadi langganan banjir di Ibu Kota. Di antaranya adalah Cililitan, Balekambang, Bukit Duri, Cawang, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

"Jadi tempat-tempat itu kita sudah menempatkan pompa mobile," jelasnya.

 (Baca juga: Katulampa Siaga I, Permukiman Warga Bantaran Ciliwung di Cilebut Kebanjiran)

Lebih lanjut ia menegaskan, pihaknya tak ingin melihat perangkat daerah seperti kelurahan dan kecamatan lengah dalam menghadapi banjir. Pihaknya mengimbau agar mereka selalu tanggap bencana di musim penghujan ini.

"Sejauh ini seluruh aparat kita baik aparat kelurahan kecamatan kemudian dari sumber daya air kemudian dari bina marga dari lingkungan hidup semuanya dalam posisi siaga dan memantau perkembangan dengan sangat ketat," tegasnya.

 (Baca juga: BNPB Keluarkan Peringatan Banjir Jakarta, 11 Wilayah Ini Diprediksi Terparah)

Anies pun mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan bersiap-siap mengemasi barang-barang untuk dibawa ke tempat pengungsian yang tersedia di dekat kediamannya.

"Kita ingin sampaikan terutama kepada warga di beberapa wilayah yg tadi sudah diumumkan oleh, BPBD tadi sempat mengirimkan sms blast ada 9 wilayah kalau tidak salah wilayah Srengseng Sawah, Rawa Jati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Sirih, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, dan Kampung Melayu itu supaya posisinya adalah posisi siaga," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini