nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bima Arya Sebut Siaga I Katulampa Lebih Lama dari Biasanya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 14:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 05 338 1854887 bima-arya-sebut-siaga-i-katulampa-lebih-lama-dari-biasanya-9LOK7lr5LG.jpg foto: Illustrasi

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebutkan kalau siaga I di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat terjadi lebih lama dari biasanya. Ia menjelaskan, ketinggian air di sana mencapai 240 cm yang biasanya hanya bertahan hingga 30 menit.

"Beliau (Bima Arya) menyampaikan bahwa status seperti ini pernah terjadi tetapi hanya terjadi sekitar 30 menit, lalu berubah statusnya menjadi siaga II di hilir," kata Anies di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2018).

 (Baca juga: Antisipasi Banjir di Jakarta, Anies: Kami Siapkan 30 Pompa Air)

Saat ini, lanjut Anies, kejadian serupa pernah terjadi pada tahun 2013 lalu. Ketika itu siaga I di Bendung Katulampa bertahan lebih dari sekira 30 menit.

"Lintasan sungai Ciliwung saat ini sudah diaktifkan dan posisi di Manggarai sudah dibuka dengan ketinggian 1 meter," imbuhnya.

 (Baca juga: Berikut Titik Pengungsian Korban Banjir di Kampung Melayu)

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada tiga fokus yang sedang ditangani Pemprov dalam mengatasi banjir. Yakni di hulu, di Kota Jakarta dan di bagian hilir. Adapun di Jakarta, prioritas berada di aliran sungai, utamanya Ciliwung.

"Ujungnya nanti di wilayah Pluit, kemudian di wilayah Ancol itu tempat-tempat yang perlu antisipasi ekstra," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini