nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Volume Sampah di Pintu Air Manggarai Capai 200 Ton

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 17:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 05 338 1855016 volume-sampah-di-pintu-air-manggarai-capai-200-ton-gpK8rBJbv3.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan pantau Pintu Air Manggarai (Foto: Fadel Prayoga)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pihaknya menurunkan 15 truk untuk mengangkut sampah yang tersangkut di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat. Tak tanggung-tanggung berat sampah yang diangkut mencapai 200 ton.

Anies menuturkan, sampah di sana terdiri dari jenis sampah rumah tangga. Bahkan, dirinya tak menyangka kalau ada warga yang membuang kasur ke aliran sungai.

"Volume kira-kira 200 ton sampah. Ini peringatan kita sampah sebagian bukan hanya sampah rumah tangga, tapi juga kita lewat ketemu kasur, kayu-kayu besar lewat, ini semua bisa perburuk bencana karena kayu besar yang lewat bisa membahayakan," kata Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2018). 

(Baca Juga: Anies Prediksi Air Kiriman dari Bogor Tiba Sejam Lagi di Jakarta)

Anies menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam penanggulangan bencana banjir kiriman. Bahkan, ia memastikan semua jajarannya sudah dalam posisi siap dalam mengantisipasi datangnya bencana tersebut.

"Semua koordinasi dalam posisi siap. Siap bukan berarti airnya berkurang, siap berarti kita antisipsi air akan datang," jelas Anies.

(Baca Juga: Antisipasi Banjir Kiriman, Anies Pantau Pintu Air Manggarai)

Saat ini, lanjut dia, pintu air Ciliwung Lama telah dibuka dengan ketinggian mencapai 1 meter. Pembukaan pintu tersebut, katanya, sifatnya situasional, bila volume air makin tinggi pihaknya akan membuka lebih.

"Semua pintu dalam posisi kebuka 3-3 nya, kemudian ciliwung lama ada 1 pintu kebuka, kemudian Bina Marga semua pompanya siaga, sumber daya air lebih dari 450 pompa posisi siap," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini