nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PT KCI Gelar Kampanye Cegah Pelecehan Seksual di KRL

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 18:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 09 338 1857287 pt-kci-gelar-kampanye-cegah-pelecehan-seksual-di-krl-COpHtgMhhq.jpg (Ist)

JAKARTA – Cegah aksi pelecehan seksual di dalam moda transportasi massal kereta rel listrik (KRL), PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bersama berbagai aktivis perempuan menggelar kampanye pencegahan pelecehan seksual.

"PT KCI bersama sejumlah komunitas pengguna KRL dan komunitas perempuan melaksanakan kegiatan edukasi dan sosialisasi untuk mengajak para pengguna KRL bersama-sama mencegah pelecehan seksual di transportasi publik," kata Vice President Corporate Communications PT KCI, Eva Chairunisa di Stasiun Tanah Abang, Jalan Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (9/2/2018).

Kegiatan ini bertujuan agar pengguna KRL dapat mengetahui segala bentuk maupun modus para pelaku pelecehan seksual di dalam transportasi umum.

"Kegiatan bertema Komuter Pintar Peduli Sekitar ini bertujuan memberi pemahaman kepada sebanyak mungkin pengguna KRL untuk mengerti bentuk-bentuk pelecehan seksual yang bisa saja terjadi, melakukan upaya pencegahan, hingga bagaimana membantu diri sendiri maupun orang lain yang menjadi korban pelecehan," jelasnya.

(Ist)

Eva memaparkan, kegiatan ini akan dilakukan sebanyak dua kali dalam sebulan, hingga April 2018, di stasiun KRL. Lanjut Eva, kegiatan ini untuk menghindari korban pelecehan seksual. Sebab, berdasarkan catatan PT KCI, pada 2017 ada 12 kasus pelecehan seksual.

"PT KCI mencatat sepanjang tahun 2017 terdapat 12 kasus pelecehan seksual di dalam KRL maupun stasiun. Sementara hingga pekan pertama Februari 2018, tercatat ada dua kasus pelecehan seksual yang terjadi di dalam KRL maupun stasiun.

“Dari seluruh kasus tersebut, tidak ada yang proses hukumnya dapat berjalan hingga tuntas karena keengganan korban melanjutkan laporan kasusnya sesuai prosedur aparat penegak hukum,” tutupnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini