Insiden Anies Dihadang Paspampres, Ketua MPR: Mungkin Panitianya Kelupaan

Bayu Septianto, Okezone · Senin 19 Februari 2018 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 19 338 1861422 insiden-anies-dihadang-paspampres-ketua-mpr-mungkin-panitianya-kelupaan-Z3g2X3kCAq.jpg

JAKARTA - Paspampres menahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ingin turun menuju podium saat pengukuhan Persija Jakarta sebagai juara Piala Presiden, Sabtu 17 Desember 2018.

Menanggapi hal itu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menilai insiden tersebut merupakan ketidaksengajaan yang dilakukan oleh pihak panitia yang diketuai politikus PDI Perjuangan, Maruarar Sirait.

"Mungkin waktu itu SC (Steering Committee) dan OC (Organizing Committee) kelupaan, saya kira ya, kalau disengaja mungkin enggak saya kira," ucap Zulkifli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu tak ingin berspekulasi atas peristiwa ini. Apalagi dikaitkan dengan hubungan antara Anies Baswedan dengan Jokowi yang dinilai banyak pihak tak akrab. Zulkifli, yang turut menyaksikan langsung pertandingan tersebut malah tak melihat ada kerenggangan hubungan antara kedua tokoh tersebut.

"Karena waktu presiden duduk sebelahnya kan Pak Anies dan mereka tos-tos terus waktu Persija menang salam-salaman, coba lihat tuh," tutur Zulkifli.

(Baca Juga: Dihadang Paspampres, Anies: Petugas Itu Hanya Jalankan Tugas)

Seperti yang diketahui sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan ikut menyaksikan pertandingan final Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta. Laga Persija versus Bali United FC itu dimenangkan Persija dengan skor 3-0.

Ketika giliran orang nomor satu di Ibu Kota itu akan masuk ke lapangan, barisan pasukan pengamanan presiden (paspampres) langsung melakukan blokade, dan Anies pun memilih untuk tidak memaksa turun dan berjalan ke samping.

Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait pun heran dengan viralnya video Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang dihadang paspampres saat akan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Piala Presiden untuk Persija Jakarta.

Maruarar malah menyebut ada yang tak suka dengan keadaan dimana Presiden Jokowi dengan Anies terlihat akrab sehingga video tersebut sengaja diviralkan.

"Saya tahu ada orang yang enggak senang lihat Pak Anies dan Jokowi itu kompak dan akur. Nih, catat baik-baik ada aja orang yang enggak senang Indonesia kondusif. Orang Anies-Jokowi baik-baik saja kenapa jadi ribet," ujar Maruarar.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan bahkan enggan berkomentar banyak terkait pencegahan dirinya ke dalam lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyerahkan piala presiden 2018.

Anies mengaku tidak terlalu mementingkan insiden tersebut. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut mengatakan, yang terpenting pada momen malam tadi adalah Persija menjadi juara.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini