nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Bus Trans Patriot Bekasi Berhenti Operasi

Djamhari, Jurnalis · Selasa 27 Februari 2018 10:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 27 338 1865254 penyebab-bus-trans-patriot-bekasi-berhenti-operasi-eT3UQBEJKX.jpg Bus Trans Patriot terparkir di area Stadion Chandrabaga Bekasi. (Foto: Djamhari/Okezone)

BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Perhubungan memberi klarifikasi terkait Bus Trans Patriot yang berhenti beroperasi dan cuma terparkir di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi, sekitar hampir dua bulan ini.

Kadishub Kota Bekasi Yayan Yuliana menjelaskan, Trans Patriot yang baru diresmikan 18 Desember 2017 lalu, dan menelan dana sekitar Rp11 Miliar itu berhenti beroperasi karena terkendala administrasi.

"Jadi awalnya, kami mengajukan Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) sebagai pengelola bus tersebut, namun saat diaudit dan dikaji Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu tidak memenuhi syarat sebagai operator bus," kata Yayan, Selasa (27/2/2018).

Oleh sebab itu, diakui Yayan, setelah BUMD yang telah ditunjuknya tersebut gagal memenuhi syarat dan harus dievaluasi dan dikaji lebih jauh, maka pengoperasian bus Trans Patriot dihentikan.

(Baca juga: Diresmikan Desember 2017, Bus Trans Patriot Kini Menghilang dari Jalanan di Bekasi)

Adapun berkenaan dengan tak terpenuhinya syarat dari BUMD tersebut, Yayan tidak bisa menjelaskan alasan detail. "Kalaupun BUMD yang kami tunjuk tak bisa penuhi syaratnya, kemungkinan akan kita lelang ke operatornya," ujar Yayan.

Menurut Yayan, pemerintah akan tetap mengoperasikan Trans Patriot secara maksimal bila sudah ditunjuk operator dari pihak swasta. Dengan demikian, dia meminta kepada masyarakat agar tidak risau karena bus Trans Patriot segera dioperasikan bila ditunjuk operatornya.

"Sekarang pada tahap mencari operator melalui mekanisme lelang," jelas Yayan.

Berdasarkan informasi dan pantauan di lapangan, sebanyak 9 bus Trans Patriot yang digadang-gadang akan mengatasi kemacetan di Kota Bekasi, kini hanya tampak terparkir di area Stadion Chandrabaga, Kota Bekasi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini