nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diminta Menteri Susi Pantau Kondisi Situ di Pamulang, Wali Kota Airin Akan Lakukan Revitalisasi

Hambali, Jurnalis · Senin 05 Maret 2018 16:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 05 338 1868148 diminta-menteri-susi-pantau-kondisi-situ-di-pamulang-wali-kota-airin-akan-lakukan-revitalisasi-72kzxo4M7t.jpg Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany (foto: Okezone)

TANGERANG SELATAN - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta kepada Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menanggapi adanya keluhan masyarakat soal kondisi memprihatinkan Situ 7 Muara di Jalan Siliwangi, Benda Baru, Pamulang.

Menteri Susi dalam akun twitternya, @susipudjiastuti, memention (menyebut) akun twitter @airinrachmi terkait keluhan dari pemilik akun @ravi_reonaldy yang menuliskan suatu ungkapan berikut :

"Pembuangan limbah swasta menyebabkan pendangkalan dan kurangnya daya tampung. Seolah pemerintah hanya diam @susipudjiastuti @airinrachmi," tulis @ravi_reonaldy pada Minggu 4 Maret 2018 sore dalam statusnya yang turut melampirkan pula foto Situ 7 Muara Pamulang.

Menteri Susi lantas menjawab, "Bu Airin berkenan difollowup? trmksh salam," balasnya seraya memention akun @ravi_reonaldy dan @airinrachmi.

Dalam foto Situ 7 Muara tersebut, terlihat pinggiran Situ dikotori oleh genangan sampah, bahkan diduga beberapa sisinya telah mengalami penyempitan karena adanya tumpukan tanah yang ditumbuhi rerumputan dan eceng gondok.

Menanggapi itu, Wali Kota Airin mengaku belum mengetahui kondisi terkini mengenai keluhan pencemaran Situ 7 Muara. Meski begitu, dia telah berkoordinasi terus-menerus dengan pemerintah pusat yang memiliki kewenangan langsung atas pengelolaan Situ.

"Yang pasti tahun ini kita ada revitalisasi situ, dalam rangka untuk salah satu civic centernya. Walau pun belum menyeluruh, baru sekitar anggarannya Rp5 miliar, tapi itu dalam rangka revitalisasi situ. Nanti persoalan limbah kita akan cek ke lapangan seperti apa, dan tentu akan kita tegur pabriknya," jelas Airin di Puspemkot Tangsel, Senin (5/3/2018).

Kondisi memprihatinkan tak hanya terjadi pada Situ 7 Muara, pada Situ lainnya seperti Situ Sasak Tinggi yang terletak di Jalan Pajajaran, Pamulang Barat, diduga telah terjadi pendangkalan akibat proyek pembangunan ruas Tol Cinere-Serpong yang beririsan langsung dengan garis sempadan Situ.

Para aktivis lingkungan dari Gugusan Alam Nalar Ekosistem Pemuda (Ganespa) juga sempat menggelar berbagai aksi protes atas kondisi itu, terakhir kali mereka menggelar aksinya sambil mengapungkan diri diatas Situ Sasak Tinggi untuk meminta proyek Tol Cinere-Serpong tak merusak kondisi Situ.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini