nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sandiaga Targetkan Jakarta Jadi Destinasi Wisata Halal pada 2020

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 11:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 07 338 1869034 sandiaga-targetkan-jakarta-jadi-destinasi-wisata-halal-pada-2020-Vs9TkK5Qkj.jpg Wagub DKI Sandiaga Uno (Foto: Rizky/Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri sekaligus membuka Focus Group Discussions (FGD) wisata halal di Ruang Serba Guna, Lantai 22 Blok G, Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, (07/03/2018). Dengan dilaksanakannya FGD tersebut, Sandi menargetkan agar Jakarta bisa menjadi kota destinasi wisata halal pada 2020.

"Hari ini kita luncurkan FGD pariwisata halal dan destinasi halal, dihadiri oleh para narasumber dan industri player yang sudah malang melintang. Kita ingin 2020 Jakarta bisa mencapai target sebagai kota dengan destinasi dan wisata halal yang bisa bersaing," kata Sandi di Balai Kota.

Sandi mengungkapkan, untuk mewujudkan target itu saat ini pihaknya akan melakukan pembenahan mulai dari revisi Peraturan Gubernur (Pergub) juga mendorong produk-produk di DKI Jakarta seperi kuliner, muslim fashion, dan tempat wisata seperti Kota Tua maupun Kepulauan Seribu untuk menjadi destinasi halal.

(Baca Juga: Planetarium, Objek Wisata Edukatif Bisa Dijadikan Alternatif)

Di Jakarta Selatan sambungnya, juga ada Setu Babakan yang bisa didorong sebagai pusat kuliner, pusat budaya betawi, yang tentunya bisa dietalasekan sebagai destinasi halal yang diharapkan bisa menarik lebih banyak wisatawan dan menciptakan lapangan kerja.

"Kita juga targetkan satu juta global halal tourism bisa datang ke Jakarta untuk lima tahun ke depan," ungkap Sandi.

Di sisi lain, pihaknya juga akan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memastikan bahwa kesiapan tenaga pekerja yang nantinya akan mengisi destinasi wisata halal tersebut.

"Karena kita tidak ingin begitu (pariwisata) boming, lapangan kerjanya akhirnya tidak siap. Makanya kita menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah di sini dan forum pelajar dari beberapa universitas untuk menyiapkan SDM-nya. Dengan tenaga kerja yang siap jadi kita tidak harus mengimpor tenaga kerja dari asing untuk pariwisata halal ini," tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini