nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penataan Trotoar Sudirman-Thamrin, Pohon Tua Mulai Ditebang

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 12:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 07 338 1869076 penataan-trotoar-sudirman-thamrin-pohon-tua-mulai-ditebang-9qT8UzI8I0.jpg Wagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno. (Foto: Rizky/Okezone)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan penataan jalan di kawasan Sudirman-MH Thamrin. Penataan dilakukan dengan menebang pohon yang telah tua dan dirasa membahayakan bagi masyarakat. Selain dibersihkan, ada juga pohon di kawasan tersebut yang dipindahkan.

"Jadi sebagian besar dari pohon tersebut dipindahkan. Dan yang sudah rapuh dan membahayakan pada pengguna jalan, para pejalan kaki akan tentunya tidak dipindahkan tetapi ditebang, karena membahayakan," kata Wakil Gunernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2018).

Selain untuk menata kawasan Sudirman-MH Thamrin agar rapi, lanjut Sandi, penebangan dan pemindahan pohon juga untuk mengantisipasi cuaca ekstrem.

"Karena ini musim yang sangat ekstrem, kita tidak mau ada korban. Jadi yang bisa kita pindahkan, kita pindahkan. Yang sudah tidak layak lagi, ya memang harus segera ditebang," tuturnya.

(Baca juga: Pemprov DKI Renovasi Trotoar Sudirman-Thamrin)

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan mengumumkan soal konsep baru penataan kawasan Sudirman-MH Thamrin diubah agar memiliki tempat untuk memfasilitasi kegiatan kebudayaan maupun aktifitas seni.

Trotoar Sudirman-MH Thamrin akan dilebarkan 8-12 meter sesuai dengan kondisi jalan agar masyarakat dapat leluasa dan nyaman saat berinteraksi antara satu dan lainnya. Lantai trotoar juga akan dipercantik dengan nuansa nusantara dan dimotif lurik.

Selain itu, akan ditambah beberapa etalase budaya seperti patung di sudut-sudut trotoar. Serta dilengkapi dengan walk of fame atlet-atlet berprestasi yang telah mengharumkan nama Indonesia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini