nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sandi: Jomblo Tak Bisa Beli Rumah DP Rp0

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 06:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 15 338 1872953 sandi-jomblo-tak-bisa-beli-rumah-dp-rp0-1qEMKGjIMP.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, program DP Rp0 hanya diperuntukkan bagi masyarakat Jakarta yang sudah menikah. Oleh sebab itu, bagi warga yang belum menikah atau belum memiliki pasangan (jomblo) tak diizinkan untuk membeli hunian tersebut.

"Manfaat program DP Rp0 ini adalah satu, warga DKI Jakarta, kedua, telah menikah. Jadi, jomblo mohon maaf. Belum bisa karena ini dikhususkan kepada yang telah menikah. Ini salah satu harapan kita bagi teman-teman yang sudah menikah, jadi bukan telat menikah, telah menikah," kata Sandi di Balai Kota, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Sandi menerangkan, mereka yang akan membeli rumah DP Rp0 harus menunjukkan bukti kalau mereka sudah menikah berupa bukti nikah. Lalu, harus disertai keterangan dari lurah setempat kalau mereka belum punya rumah.

"Tapi yang kita (Pemprov) khususkan yang telah menikah, tapi belum punya rumah. Jadi harus ada surat keterangan dari lurahnya bahwa pasangan ini belum punya rumah," kata dia.

Syarat selanjutnya, lanjut Sandi, yaitu pasangan suami istri itu harus berpenghasilan Rp4-7 juta.

(Baca Juga: Sandiaga Bangga Program DP Rp0 Jadi Perbincangan Masyarakat Indonesia)

"Kemudian penghasilan total rumah tangga sampai Rp7 juta per bulan. Makanya, ini yang merupakan sebuah klasifikasi dari target market yang ingin sasar adalah mereka yang combine penghasilannya itu maksimal sekitar Rp7 juta dan minimal memiliki gaji UMP," kata Sandiaga.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya akan membentuk sebuah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang memiliki fungsi untuk menangani program rumah DP nol rupiah pada April 2018.

"Akan kami bentuk BLUD. Ini bulan April. Nanti kira-kira kita bisa lihat di presentasinya BLUD nya seperti apa," pungkas Sandi.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini