nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PNS Pria Cuti Sebulan, Sandi Yakin Tak Ganggu Kinerja Pemprov DKI

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 11:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 16 338 1873628 pns-pria-cuti-sebulan-sandi-yakin-tak-ganggu-kinerja-pemprov-dki-rCygy0nMXc.jpg Wagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno. (Foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin uno meyakini, langkah Pemprov DKI Jakarta yang mengizinkan pegawai negeri sipil (PNS) pria cuti selama sebulan untuk menemani sang istri melahirkan tak akan mengganggu kinerja pemerintah. Sebab, jajarannya sudah terbiasa bekerja secara tim, bukan individu. 

"Kami enggak pernah mendukung superman, selalu superteam. Jadi selalu bangun timnya. Kalau ada yang lagi cuti ya selalu bekerja sama," kata Sandi di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (16/3/2018).

Politikus Partai Gerindra itu menambahkan, soal detail dari Pergub yang diterbitkan, nanti akan dijelaskan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Syamsudin Lologau. Tapi, ia memastikan tak akan melenceng dari peraturan yang berlaku.

"Mudah-mudahan nanti pergubnya sudah keluar. Nanti Pak Syamsudin (Kepala Badan Kepegawaian Daerah) yang sampaikan. Tapi intinya, kami ikutin bagaimana yang digariskan oleh pemerintah pusat, kami sesuaikan," jelasnya.

Sandi menjelaskan, kebijakan itu agar sang ayah dapat lebih dekat dengan anaknya yang baru lahir. "Kami memang sudah dari lama memberikan janji untuk masa keemasan itu sebelum dan setelah melahirkan itu. Ayah dan ibu bisa bekerja sama bekerja sama untuk minggu pertama kelahiran bayinya," tutupnya.

(Baca juga: PNS Pria Dapat Cuti Sebulan Temani Istri Melahirkan Sudah Berlaku di Pemprov DKI)

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Syamsudin Lologau mengatakan, kebijkan ini sudah terbit sejak Anies-Sandi resmi memimpin Ibu Kota. "(Berlaku) sejak Pak Anies, Pak Gubernur kita," kata Syamsudin, di Balai Kota, Selasa 13 Maret 2018.

Kebijakan tersebut, lanjut Syamsudin, sebagai bentuk kepedulian Anies terhadap kaum wanita. Sebab, seorang perempuan tatkala akan melahirkan, mereka amat membutuhkan dukungan moril dari sang suami.

"Nah, kalau ada yang mendampingi suaminya maka beban ketakutannya itu berkurang. Dari suami harus mendampingi istri," tutur Syamsudin.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini