nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satpam Penangkap Pelaku Skimming Akan Dapat Penghargaan dari Kepolisian

Badriyanto, Jurnalis · Senin 19 Maret 2018 18:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 19 338 1874976 satpam-penangkap-pelaku-skimming-akan-dapat-penghargaan-dari-kepolisian-i3tl5ZIefl.jpg Pelaku skimming dihadapkan kepada wartawan saat jumpa pers. Foto Antara

JAKARTA – Satuan pengamanan (satpam) yang menangkap salah satu pelaku skimming akan mendapatkan penghargaan dari kepolisian.

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham akan memberikan kepada tiga Satpam yang telah menangkap pelaku skimming warga negara asal Bulgaria Baltov Kaloyan Vasilev (46) di sebuah tempat pengambilan uang tunai mandiri atau ATM di Jalan Juanda, Kebun Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

"Iya, saya akan berikan penghargaan kepada satpam tersebut atas keberanian mereka menangkap pelaku kejahatan skimming," kata Idham dikonfirmasi, Senin (19/3/2018).

BACA: Pelaku Skimming ATM BRI Datangkan Alat Canggih dari Luar Negeri

BACA: Peran Wanita Indonesia Anggota Sindikat Luar Negeri Kasus Skimming ATM Bank BRI

Menurut Idham, penghargaan itu akan diberikan dalam waktu dekat karena telah membantu kerja polisi membasmi kejahatan. Namun begitu, ia tidak merinci penghargaan seperti apa yang akan oleh orang nomor satu di Polda Metro Jaya tersebut.

4 WNA dan 1 WNI Diringkus Polisi Terkait Skimming ATM BRI

"Nanti satu dua hari ke depan akan kita serahkan rewardnya kepada tiga orang satpam tersebut," lanjut Idham.

Sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengatakan, Baltov berhasil ditangkap karena satpam curiga dengan perilaku pelaku saat menarik uang dari mesin ATM yang menggunakan kartu ATM polos.

"Jadi pelaku ini baru menarik uang sebesar Rp 70 juta di beberapa mesin ATM dengan menggunakan kartu ATM polos," ucap Nico.

Dijelaskan Nico, Baltov merupakan salah satu anggota dari kelompok skimming WN Rumania dan Hungaria yang telah ditangkap sebelumnya anak buahnya. Dalam menjalankan aksinya, Baltov berperan sebagai pengambil uang hasil kejahatannya setelah memindah data nasabah menggunakan metode skimming.

"Jadi Baltov ini masuk dalam kelompok tiga dalam kelompok Rumania dan Hungaria yaitu yang bertugas untuk mengambil uang di mesin ATM yang telah dipasang alat skimmer," pungkas Nico.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini