BMKG: Hujan Es di Depok Fenomena Alamiah

Achmad Fardiansyah , Okezone · Selasa 20 Maret 2018 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 20 338 1875497 bmkg-hujan-es-di-depok-fenomena-alamiah-z4g9f6KP29.jpg Hujan Es (Foto: Ist)

JAKARTA - Fenomena hujan es yang terjadi di Depok dan Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/3/2018) menghebohkan warga. Berdasarkan penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan es yang terjadi merupakan fenomena alamiah.

Hal tersebut lebih banyak terjadi pada masa transisi atau pancaroba. Baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya. Biasanya terjadi singkat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Indikasi akan terjadi hujan es, sehari sebelumnya atau udara pada malam hari hingga pagi hari akan terasa panas dan gerah. Hal itu disebabkan radiasi matahari cukup kuat ditunjukkan oleh nilai perbedaan suhu udara antara pukul 10.00 dan 07.00 LT (> 4.5°C) disertai dengan kelembaban yang cukup tinggi ditunjukkan oleh nilai kelembaban udara di lapisan 700 mb (> 60%).

(Baca Juga: Hujan Es Landa Kota Depok Sore Ini)

Awan Cumulus atau awan putih berlapis–lapis juga akan terlihat pada pagi hari sekira pukul 10.00, dan di antara awan tersebut ada satu jenis awan yang mempunyai batas tepinya sangat jelas berwarna abu– abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

Awan tersebut berubah warna menjadi abu–abu/ hitam dengan cepat. Awan itu dikenal dengan awan Cb (Cumulonimbus) yang akan menurunkan hujan. Bila dalam rentang 1-3 hari tidak ada hujan, maka akan berpotensi terjadi hujan lebat pertama kali turun diserta angin kencang. (Ari)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini