Test Urine Dadakan, Ratusan Pegawai Rutan Tangerang Kaget

Anggy Muda, Okezone · Rabu 21 Maret 2018 00:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 20 338 1875661 test-urine-dadakan-ratusan-pegawai-rutan-tangerang-kaget-1Mz1x8YJM5.jpg foto: Illustrasi Okezone

TANGERANG - Banyaknya kasus penyelundupan narkoba dari dalam dan luar Lembaga Pemasyarakatan, mengharuskan ratusan petugas Rutan Klas 1 Tangerang di Desa Taban, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten menjalani test urine, Selasa (20/3/2018).

Sebanyak 131 pegawai Rutan siang tadi menjalani test urine yang digelar secara mendadakan oleh Kantor wilayah kementerian Hukum dan HAM Provinsi Banten.

Kepala Rutan Klas 1 Tangerang Dedy Cahyadi mengatakan, test urine ini sendiri sebagai bentuk pengawasan dan pembinaan terhadap pegawai lembaga pemasyarakatan.

"Alhamdulillah sejauh ini hasilnya negatif semua, namun kegiatan seperti ini akan dilakukan secara random dan berkala untuk lebih memastikan lagi," tegas Dedy Cahyadi.

Selain melakukan test urine terhadap seluruh pegawai, pihaknya juga melakukan penguatan integritas pegawai dengan pembinaan rohani para petugas dengan itikaf gelombang ke 2 zona 2 di masjid rutan selama tiga hari bersama ustad dari masjid terapung lampung yang ternama.

"Mental dan spiritual pegawai juga kami gembleng untuk menjadi pegawai pemasyarakatan yang berkarakter dengan mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha esa," tutur Dedy.

Dengan begitu pengutan integritas dan kedisiplinan petugas dengan meberikan pengarahan serta sosialisasi instruksi menkumham tentang zero Handphone, Pungli, Narkoba (HALINAR) di rutan/Lapas.

"Secara berkala pembinaan juga dilakukan oleh kabid pembinaan dan keamanan dari kanwil Kemenhumkam Banten," tutup Dedy.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini