nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Kejahatan Skimming, Polisi Awasi Sejumlah ATM di Tangsel

Hambali, Jurnalis · Rabu 21 Maret 2018 13:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 21 338 1875881 cegah-kejahatan-skimming-polisi-awasi-sejumlah-atm-di-tangsel-aMgKe2lyTa.jpg Patroli di lokasi mesin ATM untuk cegah skimming. (Foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG SELATAN – Guna mencegah terjadinya pembobolan dana nasabah bank melalui metode skimming, anggota Unit Kriminal Khusus Polres Tangsel menggelar patroli pengecekan dan pengawasan di sejumlah lokasi mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Beberapa area yang menjadi fokus perhatian petugas adalah lokasi mesin ATM yang ramai dan sering digunakan untuk bertransaksi. Sebut saja pusat perbelanjaan, ATM center, pom bensin, dan minimarket.

(Baca: Dua Pesan JK agar Kasus Skimming ATM Tidak Terulang)

Kanit Krimsus Polres Tangsel Iptu Agung Susetyo mengatakan, pengawasan dilakukan untuk memastikan keamanan serta kenyamanan masyarakat dalam melakukan transaksi nontunai melalui mesin ATM di wilayah tersebut.

"Kami sisir ATM center yang ada di SPBU, minimarket, pasar modern, ritel, dan kawasan bisnis yang ada," katanya saat mengecek sarana mesin ATM di kawasan Pasar Modern BSD, Serpong, Rabu (21/3/2018).

Ia menjelaskan, hingga kini pihaknya memang tidak ada laporan masyarakat terkait kejahatan skimming, namun polisi memastikan bahwa modus operandi seperti itu patut diwaspadai karena pelakunya bekerja menggunakan perangkat canggih yang diletakkan di mesin ATM.

"Belum ada laporan masyarakat terkait itu. Ini hanya antisipasi untuk menjaga dan melindungi masyarakat," tambahnya.

(Baca: Marak Kejahatan Skimming, Polisi Tingkatkan Patroli di Lokasi Mesin ATM)

Sebagaimana diketahui, beberapa hari lalu polisi mengungkap modus kejahatan skimming. Empat pelakunya dibekuk di wilayah Tangerang.

Pertama di De Park Cluster Cajuputih Serpong, Blok AB 6 Nomor 3, Pagedangan, Tangerang. Kedua di Kompleks Bohemia Vilage Paramount Serpong 1 Nomor 57, Pagedangan, Tangerang. Lalu yang ketiga di Hotel Grand Serpong, Panunggangan Utara, Pinang, Kota Tangerang.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini